Mohon tunggu...
Anis Hidayatie
Anis Hidayatie Mohon Tunggu... Penulis, guru

Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata. Cinta adalah muasal segalanya. Mari tebar cinta dengan kata-kata.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Brownis Kopi, Inovasi Baru Produk Olahan Kopi

21 Agustus 2019   22:01 Diperbarui: 21 Agustus 2019   22:15 0 16 5 Mohon Tunggu...
Brownis Kopi, Inovasi Baru Produk Olahan Kopi
Anis Hidayatie (doc.pri )

Brownies Kopi,  Inovasi Baru Ptoduk Olahan Kopi
Desa Sumber Tangkil, kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang, Jawa timur merupakan desa yang mayoritas masyarakatnya petani kopi. Kopi yang dihasilkan yaitu kopi jenis robusta, kopi luwak dan kopi lanang.

Mengetahui hal ini, tim KKN_Tematik dari Unira Malang memiliki ide  inovatif untuk warga setempat dengan mensosialisasikan pembuatan brownies kopi.

Sosialisasi pembuatan Brownies kopi diikuti oleh Ibu-ibu Dusun Sumbertangkil. Dan  nantinya produk brownies kopi akan di pasarkan sebagai makanan khas sumbertangkil.

Dalam acara sosialisasi pembuatan brownies kopi ini KKN_Tematik Unira Malang memengundang ibu Dian Wahyu Puspitasari asal Kepanjen sebagai pemateri.

" Semua kopi cocok. itu kan inovasi penyajian kopi aja selain dibuat minuman juga bisa dibuat olahan makanan" paparnya yang dikatakan dihadapan peserta pelatihan pada 18/8/2019 lalu.

Pembuatan brownies kopi ini termasuk inovasi yang cocok untuk desa Sumbertangkil. Sebagai terobosan baru masyarakat untuk pengalihan pemasaran. Jika sebelumnya kopi di Desa Sumbertangkil hanya dijual dalam bentuk bijian. Maka sekarang dapat di jual dalam bentuk makanan.

Ini tentu saja memberikan nilai jual lebih pada produksi kopi petani. Dengan mengolah dulu menjadi brownis, nilai kopi mereka dipastikan meningkat. Karena harga jual biji kopi mentah bila dikalkulasi dengan ketika menjadi Brownis bak bumi dan langit.

Satu terobosan inovatif yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sasaran KKN. Kebermanfaatan ini bisa diperoleh terus dengan menjalankan usaha itu. Ah, kenapa baru terpikir sekarang untuknya membuat olahan berbahan dasar kopi?

Anis Hidayatie (doc.pri )
Anis Hidayatie (doc.pri )
Begitu kira kira yang dipikirkan warga desa setempat, setelah mengetahui betapa kopi bisa pula diusahakan menjadi salah satu komoditas unggulan. Atau setidaknya bisa dijadikan satu referensi kudapan khas. Menarik orang untuk datang, menikmati wisata kuliner terkini asal  desa Sumber Tangkil, kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang, Jawa timur.



Widia Wati untuk Anis Hidayatie, Sumpil-Malang, 21/8/2019