Mohon tunggu...
Ani SH
Ani SH Mohon Tunggu... Mahasiswa

A person who wants to be human

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Minyak Angin Aromatherapy: Solusi Mengantuk Saat Belajar

15 Februari 2017   12:20 Diperbarui: 15 Februari 2017   13:04 1791 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Minyak Angin Aromatherapy: Solusi Mengantuk Saat Belajar
167217522-xs-58a3e4fbd192738f3889257d.jpg

Rasa kantuk saat belajar adalah hal yang sangat sering terjadi. Lambat laun mata kita terasa sepat dan pikiran menjadi berkabut. Apa yang kita pelajari menjadi tidak dapat dipahami. Informasi hanya terindra, namun tidak sampai dicerna. Hal ini tentulah sangat berpengaruh pada kualitas belajar kita.

Cara menghilangkan rasa kantuk secara instan saat belajar menjadi hal penting. Apalagi pada kondisi-kondisi di mana tidak memungkinkan diri kita untuk tidur sebentar, atau melakukan melakukan aktivitas fisik berlebihan. Apa yang bisa kita lakukan dalam kondisi seperti ini?

Minyak Angin Aromatherapy adalah salah satu solusi untuk menjawab masalah kita dalam melawan rasa kantuk saat belajar. Kenapa bukan minyak angin atau minyak arometherapy biasa? Karena minyak angin aromatherapy memiliki zat yang dapat menghilangkan rasa kantuk, sekaligus dapat meningkatkan semangat.

Dalam Minyak angin aromatherapy, terdapat komposisi menthol 20%, champor 4%, olive virgin oil 19%, essensial oil 6%, dll 100%. Menthol adalah sari yang diambil dari tanaman seperti mint dan peppermint. Menurut British Medical Journal Tahun 1879 dapat meringankan sakit kepala, nyeri syaraf, perut kembung, dan gatal-gatal. Menthol juga memberikan stimulus kuat pada mental dan fisik yang dapat membantu seseorang berkonsentrasi dan tetap terjaga.

Menurut sleep.org dari National Sleep Foundation, Bau-bauan dapat memengaruhi kinerja otak dan memberikan stimulus perasaan. Seperti contohnya aroma lavender yang dapat menenangkan dan membuat kita tertidur lelap, ada juga aroma yang dapat meningkatkan semangat, seperti aroma citrus, peppermint, rosemary, dan eucalyptus.

Minyak angin aromatherapy selain memiliki zat menthol yang dapat membuat kita terjaga, juga memiliki bau-bauan yang dapat membuat kita bersemangat. Berikut ini adalah tips dalam menggunakan minyak angin aromatherapy saat belajar :

1. Pilih minyak angin aromatherapy yang beraroma menyegarkan seperti jeruk atau buah-buahan.

2. Minyak angin aromatherapy dapat dihirup atau dioleskan. Bila dioleskan akan memberikan sensasi padas dan dingin pada tubuh. Tapi saran saya dalam meningkatkan konsentrasi adalah menghirupnya saja, agar dapat merasakan aromanya.

3. oleskan minyak angin aromatherapy pada selembar tissue, kemudian hirup beberapi kali saat belajar. Hirup sesering mungkin agar tetap konsentrasi dan terjaga.

Minyak angin aromatherapy ini dapat mencegah rasa kantuk akibat kelelahan belajar, namun tidak bisa untuk rasa kantuk akibat kurang tidur, obat-obatan, atau penyakit.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x