Mohon tunggu...
Angling Sekar Aliyya
Angling Sekar Aliyya Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kelola Limbah Minyak Jelantah menjadi Berkah, Mahasiswa Undip Sulap Limbah Minyak Jelantah menjadi Sabun Batang

12 Agustus 2022   21:47 Diperbarui: 13 Agustus 2022   22:02 33 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama Ibu-ibu PKK RT 4 RW 3 Desa Bojongsari

Banyumas (07/08/2022) -  Mahasiswa KKN UNDIP di Desa Bojongsari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas memperkenalkan sabun batang dari limbah minyak jelantah melalui pencerdasan dan pelatihan sebagai solusi pemanfaatan limbah rumah tangga kepada ibu-ibu PKK RT 4 RW 8 Desa Bojongsari.

Minyak Jelantah merupakan limbah minyak  yang berasal dari minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali untuk memasak dan menggoreng. Masih banyak dijumpai masyarakat membuang minyak jelantah tanpa diolah terlebih dahulu.  Minyak jelantah  bersifat non polar sehingga tidak dapat larut dalam air. 

Hal ini tentunya akan menimbulkan berbagai masalah lingkungan, seperti mencemari air, menyumbat saluran air dan menyumbat pori-pori tanah. Padahal jika dikelola secara baik dan benar, limbah rumah tangga ini memiliki nilai potensi ekonomi yang cukup besar. Pengelolahan minyak jelantah dapat dibuat menjadi berbagai macam produk seperti sabun, lilin, hingga biodiesel.

Minyak jelantah dipilih sebagai bahan dasar sabun yang dibuat oleh ibu-ibu PKK RT 4 RW 8 Desa Bojongsari. Hal ini karena sabun dari minyak jelantah hanya menggunakan bahan-bahan yang mudah dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, langkah kerjanya yang mudah serta bahan yang sederhana, namun sudah berhasil membuat sabun yang kaya manfaat dan nilai ekonomis tinggi.

Mahasiswa KKN Undip, Angling Sekar Aliyya Kinasih dari jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Matematika dengan dosen pembimbing Bapak Dr. Prasetyo Budi Widodo, S.Psi, M. Psi, mencoba membuat sabun batang memanfaatkan minyak jelantah sisa rumah tangga.

Praktek Pembuatan Sabun Batang dari Minyak Jelantah di depan ibu-ibu PKK RT 4 RW 8 Desa Bojongsari
Praktek Pembuatan Sabun Batang dari Minyak Jelantah di depan ibu-ibu PKK RT 4 RW 8 Desa Bojongsari

Pada prosesnya, dilakukan sosialisasi dan pelatihan secara langsung kepada ibu-ibu PKK, disertai pemberian hasil produknya Adapun langkah-langkahnya yaitu menyiapkan larutan soda api kemudian campurkan ke wadah berisi minyak jelantah yang sudah direndam arang selama seharian, aduk campuran hingga rata, setelah itu masukkan essential oil dan pewarna, tuangkan adonan sabun ke dalam cetakan, sabun siap digunakan setelah pendiaman selama kurang lebih 2 minggu.

Dengan adanya kegiatan ini disertai antusiasme ibu-ibu PKK yang cukup tinggi, diharapkan  nantinya dapat meningkatkan kesadaran warga akan bahayanya limbah minyak jelantah minyak jelantah terhada lingkungan  apabila dibuang sembarangan. Selain itu, adanya pencerdasan dan pelatihan ini diharapkan juga dapat  meningkatkan nilai ekonomis dengan menjadikannya sebagai ide binsis bagi ibu rumah tangga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan