Mohon tunggu...
ANGKA SAID ATTORIQ
ANGKA SAID ATTORIQ Mohon Tunggu... Mahasiswa - masih mencoba

Masih mahaiswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Pemilihan Bahan Bakar Ideal

4 Oktober 2021   12:54 Diperbarui: 4 Oktober 2021   12:57 88 1 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengisian Bahan Bakar di SPBU. doc: Pertamina

Penggunaan bahan bakar yang tepat dan sesuai dapat menjaga performa mesin agar tetap prima, konsumsi bahan bakar dan memiliki pengaruh besar terhadap masa hidup dari mesin itu sendiri. 

Namun di kehidupan sehari hari, masih banyak dari kita yang kebingungan dalam memilih bahan bakar yang akan di gunakan. Bagaimana cara menentukanya?

Ketahui Rasio Kompresi mesin

Mesin Honda Sonic 150R. Doc: SGTechnic
Mesin Honda Sonic 150R. Doc: SGTechnic

Rasio Kompresi merupakan perbandingan antara volume silinder ketika piston berada di titik yang paling terendah dan tertinggi atau biasa di sebut sebagai Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB).

Semakin besar rasio kompresi yang dihasilkan dari sebuah mesin maka membutuhkan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi untuk berkerja dengan optimal.

Tidak sulit untuk mencari tau seberapa besar rasio kompresi dari sebuah mesin, biasanya sudah di cantumkan oleh pabrikan di buku pedoman pemilik ataupun di website resmi mereka.

Apa itu Nilai Oktan?

Nilai Oktan Dan kompresi. doc: NSS Group
Nilai Oktan Dan kompresi. doc: NSS Group
Nilai oktan adalah penilaian kemampuan bahan bakar dalam menahan ‘ngelitik’ pada mesin, semakin tinggi nilai oktan maka semakin besar ketahanan bahan bakar itu terhadap tekanan dalam proses pembakaran di ruang bakar. Oleh karena itu mesin berkompresi tinggi membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi agar berkerja dengan optimal.

Apa yang terjadi bila salah pilih? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan