Mohon tunggu...
Ki Suki
Ki Suki Mohon Tunggu... Seorang yang suka menulis dan menggambar.

Hidup ini selalu indah saat kita bisa melihatnya dari sudut yang tepat, sayangnya seperti melihat sebuah kubus kita hanya mampu melihat paling banyak tiga sisi dari enam sisi yang ada.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

3 Skill yang sedang Naik Daun di Indonesia

31 Januari 2020   18:33 Diperbarui: 31 Januari 2020   18:31 65 0 0 Mohon Tunggu...

Bicara tentang kemampuan/skill apa yang dibutuhkan oleh tenaga kerja di Indonesia tentu akan banyak pendapat dengan sudut pandangnya masing-masing. Tentunya banyak parameter yang akan bermain untuk dapat menentukan skill apa yang saat ini banyak dibutuhkan. Ini akan menimbulkan banyak diskusi yang selalu menarik untuk disimak.

Kali ini,  saya mencoba mengambil dari satu pihak saja yaitu Linked-in Talent Solution. Kebetulan saat ini Linked-in dianggap sebagai salah satu media sosial untuk para profesional. Tentu pendapat yang diberikan oleh situs ini cukup mengundang perhatian. Lebih lengkapnya bisa di lihat web dari Linked-in Talent Solution. Saya mencoba membuatnya lebih sederhana saja.

Menurut situs Linked-in Talent Solution ini, skill yang dianggap sebagai skill yang sedang naik daun (rising skill) ini diperoleh dari peningkatan skill di Indonesia dan di mana bakat dengan skill ini semakin populer. Skill ini mengalami pertumbuhan eksponensial, yaitu peningkatan jumlah yang terus meningkat dari bulan ke bulan. Situs ini memberikan hasil berupa 3 skill yang sedang naik daun di Indonesia. 

Urutan pertama adalah skill "Gesture Recognition Technology". Skill ini berhubungan dengan penguasaan teknologi pengenalan gerakan manusia. Skill ini juga berhubungan computer vision, machine learning dan motion capture. Penguasaan teknologi kamera dan peralatan motion capture membuat skill ini menjadi penting. Tentu hal ini cukup mengejutkan. Skill semacam ini masih termasuk langka bagi profesional di Indonesia. 

Urutan kedua adalah skill "Social Media Marketing". Ini wajar keberadaan sosial media sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan keseharian masyarakat Indonesia. Saat ini sosial  media tidak lagi hanya untuk eksis dan chating saja, tetapi juga mulai menjadi media marketing. Sehingga, skill untuk menjadikan sosial media menjadi media marketing tentu akan sangat dibutuhkan dalam mengambil bagian dalam perkembangan teknologi saat ini.

Urutan ketiga adalah skill "Human-Centred Design". Skill ini berhubungan dengan pengembangan solusi yang berhubungan dengan perspektif manusia di alam semua prosesnya. Skill untuk menjadi manusia sebagai pusat perhatian (fokus) di dalam perancangan aplikasi atau produk. Kemampuan ini berhubungan dengan kemampuan disain yang melibatkan aplikasi disain yang saat ini mulai tumbuh. Sebagai contoh UI/UX Design yang saat ini perkembangannya sangat signifikan.

Tentunya hasil ini  hanyalah sebuah pendapat atau perkiraan dari data-data yang diambil oleh Linked-in Talent Solution.Namu ini juga bisa menjadi wawasan baru buat profesional muda bahkan sivitas akademika di kampus untuk  memilih skill-skill apa yang bisa dikembangkan untuk menyambut masa depan dimana perkembangan teknologi adalah sesuatu yang wajar dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Setidaknya kita memang harus menyiapkan diri untuk itu. Untuk yang sedang mencari kuliah, silahkan mencari program-program studi yang berhubungan dengan skill-skill tersebut.

VIDEO PILIHAN