Mohon tunggu...
Ki Suki
Ki Suki Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Seorang yang suka menulis dan menggambar.

Hidup ini selalu indah saat kita bisa melihatnya dari sudut yang tepat, sayangnya seperti melihat sebuah kubus kita hanya mampu melihat paling banyak tiga sisi dari enam sisi yang ada.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Makan Wader Goreng yang Renyah di Warung Kali Kediri

30 Desember 2019   11:44 Diperbarui: 30 Desember 2019   11:50 77 2 0 Mohon Tunggu...

Kuliner adalah salah satu daya tarik tersendiri untuk kota Kediri. Kota yang dikenal sebagai kota Tahu Poo atau Tahu Takwa ini, ternyata menyimpan banyak kuliner yang tidak habis untuk diceritakan. Sebut saja Nasi Pecel Kediri yang punya cita rasa dengan nasil pecel dari daerah lain. 

Kalau kita berada di kota Kediri dan ingin mencicipi kuliner yang enak dengan harga terjangkau, kita bisa mampir di WALI (Warung Kali) yang berada Jl. Urip Sumoharjo No.294, Ngronggo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur. Letaknya yang berada di jalan besar ini sangat mudah dicari. Karena berada di jalan utama dari Kediri ke Tulungagung, maka kita bisa mengaksesnya dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Namanya warung, tetapi tempatnya berupa rumah dengan tempat parkir yang luas. Lokasinya juga ditata apik. Selain itu, karena posisinya berada di pinggir sungai Brantas maka kita bisa menikmati aliran air sungai terbesar di Jawa Timur ini. Suasana yang membuat makan menjadi lebih berkesan, apalagi kalau bersama keluarga atau sahabat.

Wali atau Warung Kali ini menyajikan banyak menu tradisional berjenis ikan dan ayam dengan harga warung yang terjangkau. Salah satu menu andalan dari warung ini adalah Wader Goreng. Meskipun dikatakan andalan, tapi harganya boleh dikatakan murah yaitu sekitar Rp 10.000,- untuk satu porsi. Porsinya juga cukup besar dan berisi banyak ikan wader.

Wader goreng di Warung Kali Kediri. Dokpri
Wader goreng di Warung Kali Kediri. Dokpri
Ikan wader ini termasuk ikan sungai atau empang, atau ikan air tawar. Ukurannya kecil-kecil seperti ikan teri, paling besar seukuran jari kelingking wanita yang lentik. Ikan ini digoreng kriuk-kriuk dan renyah. Kemudian ditambahkan sambal terasi dan lalapan. Jadilah makanan yang patut dicoba. Rasanya berbeda dengan ikan teri. Lebih-lebih dicampur tepung renyah saat menggorengnya. 

Wader goreng di Warung Kali. Dokpri
Wader goreng di Warung Kali. Dokpri
Ukuran porsi dari wader goreng ini cukup besar dan jumlah ikan wadernya lumayan banyak. Bisa untuk 2-3 orang, kecuali yang makannya porsi jumbo seperti saya. Ukuran nasinya juga lumayan besar. Pastinya kita akan kenyang dan puas makan di sini.

Kita juga bisa mencoba menua yang lainnya seperti ayam kampung goreng, bebek goreng, pepes ikan dengan banyak pilihan ikan, cumi-cumi goreng, ,gurami goreng, dan krengsengan.

Menu pepesan juga bisa dicoba. Bahkan bagi kita yang tidak suka ikan-ikanan, kita juga bisa memesan nasi goreng atau mie goreng. Lengkaplah untuk makan bersama baik bersama keluarga maupun teman dan sahabat sambil menikmati suasana pinggir kali Brantas yang sejuk dan damai.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN