Mohon tunggu...
Ki Suki
Ki Suki Mohon Tunggu... Seorang yang suka menulis dan menggambar.

Hidup ini selalu indah saat kita bisa melihatnya dari sudut yang tepat, sayangnya seperti melihat sebuah kubus kita hanya mampu melihat paling banyak tiga sisi dari enam sisi yang ada.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Wisata Sakura di Surabaya

20 Desember 2019   19:40 Diperbarui: 20 Desember 2019   19:40 63 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wisata Sakura di Surabaya
Wisata Sakura di Surabaya (Photo: Musayadah)

Mau melihat bunga sakura bermekaran? Tidak perlu lagi jauh-jauh ke Jepang. Saat ini musim semi dengan bunga-bunga sakura bermekaran sudah ada di Indonesia, tepatnya di kota Surabaya.

Di awal musim penghujan, Surabaya terlihat berbeda. Hal ini disebabkan bunga sakura tropis sedang bermekaran. Namanya sendiri adalah Tabebuia atau Tabebuya. Pohon ini mempunyai karakter yang sama dengan bunga Sakura yang ada di Jepang.

Setidaknya ada tiga hal utama yang membuat Tabebuya ini mirip dengan sakura. Pertama, bunga Tabebuya muncul di awal musim penghujan atau bisa dikatakan musim basah-basahan. 

Hal ini mirip dengan bunga Sakura yang muncul di awal musim semi yang juga bisa dikatakan musim basah-basahan karena curah hujan di musim semi termasuk paling tinggi dibandingkan musim-musim yang lain. Kedua, saat bunga mekar, pohon Tabebuya tidak mengeluarkan daun sehingga pohon hanya dipenuhi oleh bunga. 

Ini mirip dengan pohon Sakura yang hanya dipenuhi bunga saat mekar. Ketiga, waktu bunga Tabebuya mekar hanya satu mingguan, waktu yang sangat pendek namun sangat berkesan. bunga sakura juga demikian.

Wisata Sakura di Surabaya (Photo: Alvina)
Wisata Sakura di Surabaya (Photo: Alvina)
Saat bunga-bunga Sakura bermekaran, masyarakat Jepang mempunyai budaya yang disebut dengan Hanami (yang artinya melihat bunga). Budaya ini diwujudkan dengan acara berkumpul dengan keluarga, saudara dan sahabat di taman-taman yang dipenuhi dengan bunga Sakura. Mereka menikmati kebersamaan dengan mengabadikan momen yang sangat singkat itu untuk menjadi momen yang abadi dalam kehidupan mereka.

Demikian juga masyarakat Surabaya. Mekarnya bunga Tabebuya ini menghadirkan momen-momen indah yang teramat sayang untuk dilewatkan. 

Mereka akan memanfaatkan mekarnya bunga-bunga ini untuk berswafoto atau setidaknya mengabadikannya dalam bentuk foto atau video bersama sahabat dan keluarga.

Wisata Sakura di Surabaya (Photo: Ryan)
Wisata Sakura di Surabaya (Photo: Ryan)
Saat ini tidak hanya masyarakat Surabaya yang bisa menikmati momen-momen indah saat bunga Tabebuya mekar. Dengan kemajuan teknologi media saat ini, kota Surabaya sudah mempromosikan keindahan bunga Tabebuya yang sering disebut dengan "Sakura Tropis" ini menjadi sebuah ikon kota yang dikenal dengan Kota Pahlawan ini. 

Yang pasti, program ini bukan hanya program jangka pendek atau program tiba-tiba jadi. Pemerintah Kota Surabaya menghabiskan waktu yang tidak sedikit untuk menghadirkan bunga-bunga ini dengan program yang terus-menerus berkesinambungan. 

Hasilnya bisa dilihat saat in, kota ini tidak hanya terkenal dengan tamannya tetapi memiliki pemandangan sakura yang hanya dimiliki oleh negara-negara sub-tropis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x