Mohon tunggu...
Ki Suki
Ki Suki Mohon Tunggu... Seorang yang suka menulis dan menggambar.

Hidup ini selalu indah saat kita bisa melihatnya dari sudut yang tepat, sayangnya seperti melihat sebuah kubus kita hanya mampu melihat paling banyak tiga sisi dari enam sisi yang ada.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menikmati Keindahan Masjid Agung Baitul Hakim Madiun

1 Oktober 2019   22:17 Diperbarui: 1 Oktober 2019   22:25 0 3 0 Mohon Tunggu...
Menikmati Keindahan Masjid Agung Baitul Hakim Madiun
Masjid Agung Baitul Hakim Madiun | Foto adalah koleksi pribadi

Kota Madiun identik dengan pecelnya, tetapi jangan salah dulu, ada banyak hal yang menarik di kota Madiun ini. Kota yang terletak di bagian barat propinsi Jawa Timur ini juga terkenal dengan pendidikan kereta apinya. Belum lagi perjalanan sejarah, kota ini juga menyimpan banyak cerita. Satu hal lagi adalah arsitektur masjid, yang menjadi simbol perkembangan budaya yang perlu untuk dipelajari.

Kota Madiun memang tidak seperti Pasuruan, Gresik dan Lamongan yang menyebut dirinya sebagai kota santri. Namun itu tidak berarti di kota ini tidak ada bangunan masjid yang bisa dicatat sebagai persinggahan wisata. Salah satu masjid yang indah dan megah di Madiun adalah Masjid Agung Baitul Hakim.

Foto adalah koleksi pribadi
Foto adalah koleksi pribadi
Seperti namanya, masjid agung, maka hampir bisa dipastikan posisinya terletak di tengah kota. Masjid Baitul Hakim ini terletak tepat di sebelah barat alun-alun kota Madiun. Selain letaknya di pusat keramaian, tentu saja sangat mudah dicari. Meskipun berada di pusat keramaian, tidak perlu khawatir soal parkir karena halaman masjid ini cukup luas, belum lagi bisa parkir di salah satu sisi jalan. Pemandangan jalan di depan masjid Baitul Hakim ini juga tidak kalah menarik.

Di dalam masjid Baitul juga terdapat taman yang memberikan pemandangan yang sejuk dan indah. Taman ini menjadi penghias sebelum orang masuk ke dalam masjid. Taman ini juga bisa digunakan untuk istirahat sejenak sambil memandang bangunan masjid yang kokoh dan mempunyai lima buah kubah.

Foto adalah koleksi pribadi
Foto adalah koleksi pribadi
Arsitektur Masjid Baitul Hakim ini sendiri gabungan antara arsitektur Jawa, Arab dan Eropa. Hal ini terlihat dari banyak ornamen yang ada di setiap bagian masjid yang dominan warna biru ini. Warnanya inilah yang membuat masjid ini terlihat unik. Belum lagi kubah-kubahnya yang megah membuat masjid ini seolah-olah berdiri kokok di tengah hiruk-pikuk kehidupan manusia.

Ditulis oleh: Ki Suki

VIDEO PILIHAN