Mohon tunggu...
Ki Suki
Ki Suki Mohon Tunggu... Seorang yang suka menulis dan menggambar.

Hidup ini selalu indah saat kita bisa melihatnya dari sudut yang tepat, sayangnya seperti melihat sebuah kubus kita hanya mampu melihat paling banyak tiga sisi dari enam sisi yang ada.

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Pilihan

IVPL Rise bersama PENS Selenggarakan Pertandingan Esport

21 September 2019   18:16 Diperbarui: 21 September 2019   18:21 0 1 0 Mohon Tunggu...
IVPL Rise bersama PENS Selenggarakan Pertandingan Esport
dokpri

IVPL Rise menyelenggarakan pertandingan e-sport babak play-off Arena Of Valor (AOV) untuk Roockie di Surabaya pada tanggal 14 September 2019 yang lalu di kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). 

Pertandingan ini adalah pertandingan sesi terakhir di tahun 2019 setelah diselenggarakan di Jakarta, Depok, dan Bandung. Bekerja sama dengan Program Studi Teknologi Game di PENS, pertandingan babak playoff ini akan memilih dua tim terbaik yang selanjutnya akan diikutkan pada babak final yang akan berlangsung tanggal 28 September 2019 bertempat di Auditorium Gedung Pascasarjana lantai 6.

Agenda utama dari acara ini adalah pertandingan babak play-off AOV, namun untuk membuat acara ini ditambahkan dua pertandingan e-sport lain yaitu PUBG mobile dan FIFA 2019 dari PS4. 

Hal ini membuat naiknya jumlah peserta dan pemain yang ikut dalam acara ini. Kalau babak play-off AOV ditampilkan di panggung, pertandingan PUBG mobile dan FIFA 2019 memenuhi ruang auditorium. Pertandingan PUBG mobile adalah pertanding tim, sedangkan FIFA 2019 pertandingan perseorangan.

E-sports ternyata bukan sekedar bermain game. Boleh jadi game yang dimainkan sama, seperti AOV, PUBG dan FIFA, namun bermainnya team dan strategi. Bagaimana bekerjasama dalam satu rencana yang sudah disusun menjadi hal yang penting. 

Bagaimana memilih strategi yang tepat dengan kombinasi yang ada. Kadang-kadang rencana tidak berjalan baik, atau ada pemain yang down, maka yang terpenting adalah tetap fokus dan saling bahu-membahu untuk memperoleh kemenangan.  

dokpri
dokpri
Para pemain e-sport dituntut profesional dalam bermain, dan tidak sekedar asal main dan senang-senang. Sebagai contoh pemenang babak play-off kali ini adalah tim DCM X Louvre dan Supernova. 

Tim ini sudah bukan tim asing di dunia e-sport AOV. Mereka hadir dari event ke event pertandingan AOV. Cara bermainnya juga luar biasa, meskipun saat ini kedua tim ini belum termasuk dari tim pro sekelas EVOS. Pertandingan final babak play-off yang mempertandingkan mereka juga menjadi pertandingan yang menarik untuk diamati.

Pertandingan e-sport yang terselenggara dengan kerjasama dari IVPL Rise dan Teknologi Game PENS ini membawa aura positif dalam perkembangan dunia e-sport bagi mahasiswa khususnya di PENS, umumnya di Surabaya. 

Agenda ini boleh jadi menjadi agenda awal yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Game bersama salah satu tim e-sport sekelas IVPL-Rise. Ini tidak menutup kemungkinan adanya agenda lanjutan untuk mengembangkan e=sport di tanah air.

Ditulis oleh: Ki Suki
Foto: Zulhaydar Akbar