Mohon tunggu...
Anggun Pratami
Anggun Pratami Mohon Tunggu... -

Mahasiswa FITB-ITB bercita cita menjadi seorang geologist terbaik dalam skala nasional maupun internasional.Aamiin Ya Allah..Aamiin Ya Rabball Aalamiin... :)

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Pantai Batu Dinding Belinyu,Bangka

17 Maret 2012   23:13 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:54 1946
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Panorama Alam Pantai Batu Dinding (Aset Wisata Belinyu)

Batu yang menyerupai dinding setinggi 15 meter Panorama alam yang ada di Kepulauan Bangka Belitung sudah tidak diragukan lagi. Salah satu panorama alam itu antara lain adalah pantai batu dinding yang berada di Kecamatan Belinyu. Batu Dinding bukanlah batu yang dibuat menjadi tembok atau dinding. Tetapi batu dinding adalah batu pantai yang sangat besar dan menyerupai beton atau dinding. Ukuran batu itu kurang lebih setinggi 15 meter dengan batu-batuan yang lebih kecil lagi disekitarnya. Oleh sebab itu masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Batu Dinding. Lokasi pantai batu dinding ini bersebelahan dengan Pelabuhan Mantung milik PT. Timah. Tidak jauh juga dari Pelabuhan Belinyu. Jalan menuju aset wisata ini belum lebar dan masih merupakan jalan kecil tak beraspal melewati perkampungan warga. Jalan beralaskan tanah ini sangat parah sekali. Terkesan butuh perjuangan untuk mencapai pantai batu dinding ini (Memang untuk sesuatu yang indah itu harus butuh perjuangan ya). Jika Anda masih baru dan belum pernah ke pantai ini, jangan harap Anda akan menemukan pantai ini jika tidak bertanya pada warga sekitar. Karena tidak ada papan nama ataupun papan petunjuk arah untuk mencapai pantai batu dinding ini. Akan lebih baik lagi jika ingin berkunjung ajak lah teman atau pemandu yang mengenal daerah2 di Belinyu.

Villa Pantai Batu Dinding Panorama yang disuguhkan oleh pantai batu dinding ini adalah pemandangan pantai dari atas bukit. Anda tidak bisa mandi ataupun berenang dipantai ini dikarenakan tanah dibawah airnya berlumpur. Di atas bukit pantai batu dinding ini terdapat villa kecil yang bisa digunakan untuk bersantai. Anda bisa menikmati indahnya lautan menghampar di depan mata Anda. Tak jauh dari situ terdapat pelabuhan kecil untuk nelayan mencari ikan. Di sana juga Anda bisa membeli ikan yang masih segar yang baru saja di bawa nelayan pulang dari melaut. Di depan pelabuhan kecil itu ada sebuah pulau kecil yang tak berpenghuni, masyarakat menyebut pulau itu adalah Pulau Punai. Sungguh pemandangan indah yang tak terperi bisa Anda dapatkan disini.
Pemandangan dari Villa Batu Dinding Pantai batu dinding ini juga sering dijadikan tempat untuk foto-foto prewedding oleh pasangan yang hendak menikah. Disamping itu juga masyarakat dan penduduk disana sering piknik dan menghabiskan waktu santai serta waktu liburannya di pantai ini. Pemandangan yang masih asri dan belum terjamah oleh tangan-tangan kotor ini memberikan nuansa tersendiri bagi pengunjungnya. Namun sayangnya wisata ini tidak terkelola dengan baik. Yah, seperti biasanya hal itu sudah sangat lumrah di Kepulauan Bangka Belitung. Objek wisata yang ada di Kepulauan Bangka Belitung ini kebanyakan tidak terkelola dengan baik. Entah kurang dukungan dari pemerintahnya atau kurang dukungan dari masyarakatnya. Namun di pantai batu dinding ini ada seorang penjaga yang selalu membersihkan area disekitar villa dan pantai. Entah digaji atau tidak penjaga itu, yang pasti itu menunjukkan adanya dukungan dari masyarakat untuk melestarikan objek wisata tersebut. Dikutip dari BangkaPos.cetak "Diantara sekian banyak pantai yang ada di Belinyu, Pantai Batu Dinding merupakan salah satu pantai yang dikunjungi wisatawan baik domestik maupun manca negara, bahkan baru-baru ini sempat dikunjungi wisatawan dari Amerika Serikat dan Swedia." Dari kutipan itu jelas bahwa objek wisata pantai batu dinding ini tidak bisa dianggap remeh. Ini sangat berpotensi menjadi aset bagi pendapatan daerah. Semoga ini bukan hanya menjadi perbincangan semata. Dan beginilah pantai batu dinding dilihat dari berbagai sudut pandang.
Pulau Punai dan Dermaga para nelayan
Pulau Punai (Pulau kecil yang tak berpenghuni)
Batuan yang lebih kecil di seputaran Batu Dinding

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun