Mohon tunggu...
anggun Lulu
anggun Lulu Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - artikel mahasiswa

BISMILLAH

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Immamah dan Khilafah

19 Oktober 2021   22:20 Diperbarui: 19 Oktober 2021   22:37 84 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

IMAMAH DAN KHILAFAH

Kepemimpinan dalam umat islam itu sebagian menggunakan term khalifah dalam system pemerintahan dan pemimpin, sedangkan Sebagian kalangan lain cenderung menggunakan istilah immamah. Dahulu dimasa kejayaan umat islam bagi Sebagian kalangan harus dikembalikan dengan menghidupkan Kembali system khilafah atau kekuasaan yang pernah ada dan sukses diraih. 

Konsep khilafah di masa lalu memiliki segudangg problem dan masalah jadi tidak memadahi untuk menjawab segala kebutuhan dan perkembangan zaman. Dengan begitu, konsep konsep khilafah imamah terlepas dari adanya dalil penguat dalam al-Qur’an maupun hadits menjadi ciri khas tersendiri dalam dunia politik islam.

Sejarah singkatnya dahulu kelompok Anshar telah berkumpul hendak mengangkat Sa’ad Ibnu Ubadah sebagai pemimpin mereka untuk menjadi pengganti nabi. Maka, Abu bakar, Umar dan Abu Ubaidah al-Jarrah segera menyusul ke tempat pertemuan sekaligus untuk menyalonkan Abu Bakar sebagai pemimpin, pengganti Nabi. 

Pada saat itulah gelar Khalifah ditautkan pertama kali kepada Abu Bakar. Lalu dengan berturut-turut istilah khalifah berikutnya digunakan kepada pengganti Abu Bakar, Umar Bin Khattab, dan Utsman Bin Affan serta Ali Bin Abi Thalib dan selalu dikenal dengan sebutan khalafa al-Rasyidin.

Immamah adalah ism masdhar, atau kata benda dari amama yang artinya “di depan” dan sesuatu yang ada di depan di sebut “imam”. kata immamah merupakan bentuk Masdar dari kosa kata imam tadi. Dalam Al-Qur’an istilah imam disebut dalam sholat maupun diluar sholat. Dalam sholat istilah imam adalah mereka yang posisinya berada di depan jamaah, yang setiap gerakannya diikuti oleh baris di belakangnya yaitu jamaah. 

Sedangkan dalam kamus Bahasa indonesia, kata immamah berarti “kepemimpinan” baik pemimpin yang baik maupun tidak, dan mereka tidak pernah menentukan baik bentuk negara maupun model kepemimpinan. Begitu pula definisi imam selain yang terdapat dalam Al-Qur’an sebagaimana dalam surat al-Maidah ayat 55, terdapat pula dalam beberapa hadits nabi seperti dalam kitab imam bukhari yang membuat bab khusus tentang para imam yang harus diikuti.

Khilafah dalam grametika Bahasa arab memiliki arti bentuk kata benda verbal yang mensyaratkan adanya subjek atau pelaku yang aktif yang disebut khalifah. Kata khilafah dengan demikian menunjuk pada serangkaian Tindakan yag dilakukan seorang yaitu seorang yang disebut khalifah. 

Oleh karena itu tidak aka nada suatu khalifah tanpa adanya seorang khalifah. Sedangkan secara teknis, khilafah adalah Lembaga pemerintahan islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah. Kata khalifah berasal dari Bahasa arab yang terdiri dari kata khalf, yang berarti wakil, pengganti dan mengusaha. 

Ibn Mandhur dalam lisan al-Arab dengan mengutib Sebagian pendapat ulama mendefinisikan khalifah dengan al-Shultan al-A’dham yaitu pemerintahan atau kekuasaan disebutkan bahwa di dalam Al-Quran  kata khalifah dalam surat Al- Araf disebut sebanyak tujuh kali yang memiliki arti belakang, terkait dengan bisikan syetan kepada manusia. Sedangkan kata khalifah dalam ayat 69 diartikan dengan pengganti,yakni generasi pengganti sesudahnya.

Khalifah berasal dari kata (fi’il madhi) khalafa (pengganti). Dalam bentuk masdarnya adalah khilafah yang artinya mengganti, menempati tempatnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan