Mohon tunggu...
Anggun Al Jannah
Anggun Al Jannah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional di UPN Veteran Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Merantau Bikin Kacau?

10 Agustus 2022   09:04 Diperbarui: 10 Agustus 2022   09:17 90 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Merantau suatu kata yang mungkin tidak asing didengar. Merantau sendiri memiliki arti pergi ketempat yang jauh meninggalkan tempat dimana ia berasal atau tempat dimana ia di lahirkan dan dibesarkan untuk suatu alasan tertentu. Menurut Naim (2013) merantau adalah meninggalkan kampung halaman, dengan kemauan sendiri, memiliki jangka waktu lama, dengan tujuan tertentu, menuntut ilmu dan mencari pengalaman, namun suatu saat akan kembali pulang. Banyak yang menjadi alasan seseorang untuk merantau baik itu untuk berkerja, menuntut ilmu, karena pernikahan, atau ada juga orang yang merantau untuk mencari pengalaman. Para perantau berfikir bahwa merantau dapat memperbaiki hidup mereka baik itu dari segi ekonomi, pengetahuan, dan pengalaman 

Saat di Rantau ada beberapa hal yang umumnya dirasakan oleh perantau berikut ini adalah beberapa contohnya 

1. Dalam Mengatur Keuangan

Ini cukup umum dikalangan mahasiswa karena biasnya sebelum memasuki dunia perkuliahan atau sebelum merantau pengaturan keuangan selalu dilakuan oleh orang tua. Belanja hal yang tidak diperlukan juga dapat menjadi salah satu pemicunya. Karena baru belajar mengatur keuangan sendiri, kamu belanja apapun yang kamu mau tanpa memikirkan kedepannya. Walau ini cukup umum, tidak semua mahasiswa begini ya. 

2. Penyesuaian Terhadap Lingkungan 

Saat menyesuaikan dengan lingkungan baru tidak heran bila kamu tiba-tiba sakit atau drop. Ini bisa disebabkan oleh penyesuaian terhadap cuaca, iklim, dan kondisi di tempat kamu tinggal. Mungkin kamu juga memikirkan banyak hal atau overthinking .

3. Homesick 

Hayoo siapa yang sering kangen rumah. Memang tidak heran bila perantau rindu daerah asalnya terutama rindu akan rumah. Rindu makanannya, lingkungannya, bahkan rindu orang-orangnya. Ini hal yang paling sulit dihindari oleh para perantau.

 Dibalik itu semua banyak juga hal-hal positif yang ditimbulkan oleh merantau. Berikut ini adalah beberapa contohnya. 

1. Hidup Mandiri dan Keluar dari Zona Nyaman 

Sebelum merantau pastinya kita tinggal bersama orang tua. Banyak hal yang biasanya selalu difasilitasi oleh orang tua dan kini kita harus melakukannya sendiri. Contoh kecilnya adalah memasak, makan, dan beres-beres. Sekarang kita harus keluar dari zona nyaman dan melakukan semua hal sendiri, baik itu hal-hal kecil hingga hal-hal besar. Ini dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih mandiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan