Mohon tunggu...
Anggriyani Rinda
Anggriyani Rinda Mohon Tunggu... Mahasiswa

saksikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Gimana Menjadi Seorang Analis Kesehatan?

24 November 2020   08:25 Diperbarui: 24 November 2020   08:27 30 1 0 Mohon Tunggu...

Assallammualaikum warahmatullahi wabarakatuh ,  apakabar sobat kompasiana dan apa kabar buat semuanya semoga baik-baik aja ya ehh jangan lupa tetap jaga kesehatan dan selalu menggunakan masker dimanapun dan kapanpun tetap jaga kondisi disaat pademi saat ini, doakan semoga pandemi ini telah usai dan bisah beraktifitas seperti semula tetap mematuhi protokol yang sudah diterapkan oleh pemerintah. jangan lupa tetap semangat dan jangan lupa tetap bersyukur kepada allah swt terus berkarya sebagai warga Indonesia  dan janganlah mudah malas untuk berkarya.

Kali ini saya akan memberikan sesuatu motiva buat kalian semua  yaitu tentang " Gimana menjadi seorang analis kesehatan " pasti semua orang belum begitu tau apa itu analis dan analis kejanya sebagai apa pasti banyak yang bingungkan dari pada bingung langsung kita bahasa nyuk.

Apasih analis kesehatan itu ?

1. Analis kesehatan adalah tenaga sebagai profesi yang memegang suatu peranan penting dalam sebuah analisa laboratorium kesehatan dan untuk mendiagnosa suatu penyakit . Analis kesehatan juga dikenal sebagai ahli teknologi pada  bidang laboratium kesehatan.

2. jurusan analis kesehatan atau biasa disebut sebagai jurusan teknologi laboratoriun medic adalah suatu program studi yang mempelajari tentang sebuah faktor-faktor dan penyebab  suatu penyakit berserta dengan obatnya. Tugasnya seorang analis adalah utuk meneliti dan mendiagnosa serta membuat suatu catatan tentang penyakit dari seorang pasien dengan lebih lanjut bisa di identifikasih oleh dokter.  Dokter tidak bisa langsung mendiagnosa dengan sendirinya pasti akan melalui seorang analis kesehatan dokter akan menganjurkan untuk cek lab terlebih dahulu setelah cek lab keluar seorang analis menyarankan kembali ke dokter biar dokter tau diagnosa  pada tubuh kita agar dokter juga tau kita punya penyakit apa.

3. Didalam  laboratorium terdapat apa saja?

Di dalam laboratorium mempunyai beberapa alat-alat yang dari manual dan sampai alat yang cangih / modern yaitu terdapat , fotometer, mikroskop, tabung sentrifuge, urin analyzer dan hematologi analyzer ini alat yang canggih / modern dan tidak Cuma itu aja kita terdapat macam-macam gelas yang terdapat tabung Erlenmeyer, tabung reaksi, beaker glass, labu ukur, gelas arloji, pipet tetes, pipet volume, corong, Bunsen, kertas saring, kaki tiga, Petridis, blup, cawan petri dan masih banyak alat gelas yang lainnya.

4. apa aja sih pemeriksaan di dalam laboratorium dan cara kerjanya

Pemeriksaan kimia klinik

Kimia klinik adalah untuk mengalisa zat-zat kimia organik yang terlarut dalam darah , urin,dan cairan dalamtubuh

Pemeriksaan hematologi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN