Mohon tunggu...
Anggita Eka L
Anggita Eka L Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Bijak Atasi Perilaku Konsumtif

24 Juni 2018   00:18 Diperbarui: 24 Juni 2018   09:31 1586
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pernahkah kalian merasa tertarik melihat barang yang ditawarkan di media online ?

Pernahkah kalian merasa tertarik ingin membeli sesuatu barang padahal barang itu tidak kamu perlukan ?

Perilaku konsumtif adalah perilaku yang tidak membeli barang yang benar-benar dibutuhkan, tetapi membeli barang hanya semata-mata untuk membeli dan mencoba produk, walau sebenarnya tidak memerlukan produk tersebut. 

Konsumen merupakan tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa. Apabila konsumen menghabiskan barang secara berlebihan dan meninggalkan pola produksi maka hal tersebut tergolong perilaku konsumtif.

Di era modern,  penggunaan internet dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan oleh manusia pada generasi muda khususnya mahasiswi. Online shop atau belanja via internet adalah suatu proses pembelian barang dan jasa dari mereka yang menjual melalui internet, atau layanan jual-beli secara online tanpa harus bertatap muka dengan penjual atau pembeli secara langsung. 

Mahasiswi adalah bagian masyarakat yang dekat dengan persoalan akses informasi dan dunia internet terutama online shop. Pola konsumsi mahasiswi, khususnya produk fashion akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Mahasiswi tertarik mengkonsumsi produk fashion karena untuk mengikuti trend anak muda jaman sekarang. 

Pola konsumsi yang tinggi ini cenderung konsumtif. Mahasiswi berpersepsi bahwa mereka akan diterima dalam lingkungan teman-temannya jika mereka mengikuti gaya hidup teman-temannya yang saat ini sedang gencarnya online shopping dalam memenuhi kebutuhan hidup. 

Bagi mahasiswi penampilan merupakan cara mereka menunjukan jati diri, cara berkomunikasi dan juga menunjukkan mereka pantas berada dalam suatu kelompok tertentu.

Menurut Lina & Rosyid (1997) aspek-aspek perilaku konsumtif antara lain :

-Pembelian Impulsif (Impulsive Buying)

Aspek ini menunjukkan bahwa seseorang berperilaku membeli semata-mata karena didasari oleh hasrat yang tiba-tiba / keinginan sesaat, dilakukan tanpa terlebih dahulu mempertimbangkannya, tidak memikirkan apa yang akan terjadi kemudian dan biasanya bersifat emosional. Impulsive buying memiliki beberapa karakteristik yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun