Mohon tunggu...
Anggi Istiqomah
Anggi Istiqomah Mohon Tunggu... Ibu rumah tangga -

Calon ibu muda yang lagi belajar ngeblog di anggisaurus.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Aplikasi GueSehat Bantu Pantau Kehamilan Pertamaku

10 November 2017   19:55 Diperbarui: 10 November 2017   20:08 1291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekitar 7 bulan yang lalu, entah hari apa tepatnya, saya merasakan ada keanehan pada perut saya. Perut saya terasa agak kram dan tiba-tiba ada sedikit tetesan yang saya rasakan juga keluar dari (maaf) kemaluan saya. Setelah saya lihat di kamar mandi ternyata terdapat bercak darah yang berawarna pink kemerah-merahan.

Saya ingat betul saat itu bukan merupakan tanggal atau waktu di mana saya akan segera haid atau datang bulan. Biasanya waktu haid saya yang paling cepat itu datang 1 minggu sebelum tanggal haid yang seharusnya. Namun saat tetesan darah itu keluar harusnya haid saya datang sekitar 2 minggu lagi.

Saya pun merasa aneh, tetesan darah apa ini? Apa saya haid? Saya semakin bertanya-tanya karena darah yang keluar hanya sedikit lalu berhenti. Jika saya haid pasti darah terus keluar dan kram perut pasti semakin terasa sakit (saya selalu merasakan kram yang cukup hebat saat datang menstruasi).

Tanpa pikir panjang lagi saat itu juga saya mencari tahu melalui google dengan keyword 'keluar darah tapi tidak haid'. Dari keyword tersebut banyak jawaban yang saya dapatkan mulai dari stress, ketidakseimbangan hormonal, infeksi radang panggul, akibat pil kontrasepsi, hingga tanda dari terjadinya ovulasi (kehamilan).

Saya pun sedikit cemas dan was-was. Saya terus mencari informasi melalui google untuk memastikan apa yang sedang terjadi pada tubuh saya. Sampai akhirnya saya mencoba untuk membeli test pack keesokan harinya karena saya memang baru menikah 2-3 bulan sebelum bercak darah tersebut muncul. Dan benar saja saya melihat 2 garis merah terlihat di test pack. Alhamdulillah...

Saya bersyukur sekali karena saya mengetahui kehamilan saya tanpa harus menunggu tanda terlambat datang bulan yang biasanya dijadikan acuan para wanita di dunia ini sebagai indikator tanda kehamilan yang paling utama. Mulai saat itu apapun yang saya rasakan sebagai calon ibu selalu saya cari tahu melalui google apalagi saya bukan tipikal orang yang percaya 'katanya'. Katanya kalau lagi hamil nggak boleh makan ini lah, Katanya kalau lagi hamil nggak boleh minum itulah, begini begitu nggak boleh. Apalagi ini merupakan kehamilan pertama saya. Jadi saya benar-benar masih banyak tidak tahu masalah seputar kehamilan. 

Berkat kemajuan teknologi dan informasi untuk mendapat segala jenis informasi khususnya mengenai kesehatan kini sungguh sangat mudah. Apapun yang saya rasakan terhadap tubuh pasti saya akan googling dulu sebelum pergi ke dokter. Tentunya bukan hanya saya yang memanfaatkan teknologi untuk mencari informasi khususnya mengenai kesehatan. Namun perlu diperhatikan juga ketika kita mencari informasi melalui Google, jangan langsung percaya dan telan mentah-mentah. Kita perlu juga perlu bersikap 'skeptis' terhadap informasi apapun yang kita baca. Apalagi artikel yang sumbernya belum tertera dengan jelas.

Nah, untuk menghindari membaca berita kesehatan yang hoax atau belum dapat dipastikan kebenarannya, banyak sekali portal layanan kesehatan onlinedalam website dan aplikasi yang menyediakan informasi akurat langsung dari dokter dan parah ahli yang bisa dijadikan acuan, salah satunya adalah guesehat.com. GueSehat baru saja meluncurkan aplikasinya pada 30 September 2017 silam dalam acara Kompasiana Nangkring. Keseruan saat peluncuran aplikasinya terekam dalam gambar berikut ini. 

Peluncuran Aplikasi GueSehat Pada Acara Kompasiana Nangkring
Peluncuran Aplikasi GueSehat Pada Acara Kompasiana Nangkring
Keramaian Peluncuran Aplikasi GueSehat Pada Acara Kompasiana Nangkring
Keramaian Peluncuran Aplikasi GueSehat Pada Acara Kompasiana Nangkring
Aplikasi GueSehat ini memberikan beragam informasi kesehatan yang terbagi dalam beberapa kanal seperti, Lifestyle, Medis, Sex & Love,dan Wanita. Kanal Wanita merupakan kanal favorit saya karena berisi informasi kesehatan seputar wanita seperti tips menjaga dan meningkatkan kesuburan wanita, informasi hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan, informasi penyakit yang berkaitan dengan wanita seperti kanker servik, kanker payudara, hingga informasi seputar kesehatan anak. 

Kanal Wanita yang terdapat pada aplikasi Guesehatini sangat memudahkan saya untuk memantau kesehatan khususnya di masa kehamilan seperti sekarang. Apalagi ini merupakan kehamilan pertama saya, jadi masih banyak hal yang saya belum tahu. Dan saya termasuk yang nggak gampang percaya sama kata-kata orang jaman dulu termasuk kata-kata ibu saya sendiri. 

Jadi, sekarang apapun yang saya rasakan terhadap kehamilan saya, saya hanya perlu membuka aplikasi GueSehat untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Contohnnya saja, semakin bertambahnya usia kehamilan, saya sering sekali merasakan sesak nafas hingga sulit tidur. Saya khawatir sekali jika sesak nafas yang sering saya rasakan dapat berdampak buruk terhadap perkembangan janin saya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun