Mohon tunggu...
Anggi DwiKusumawardani
Anggi DwiKusumawardani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswi di Sekolah Vokasi IPB University, Program Studi Komunikasi Digital dan Media.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Project Mahasiswa SV IPB Bersama Kelurahan Tanah Sareal: BERAKSI

30 November 2022   22:25 Diperbarui: 30 November 2022   22:47 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB dari program studi Komunikasi Digital dan Media berkontribusi dalam penyelenggaraan pada kegiatan di kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor senin (24/10/2022). 

Kegiatan ini dilakukan selama satu bulan, ada beberapa program yang dijalankan dalam kegiatan tersebut pertama mahasiswa IPB membuatkan video profil kelurahan tujuan nya untuk memberi gambaran menyeluruh tentang karakter kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, kelembagaan, sarana dan prasarana, juga lokasi kelurahan Tanah Sareal.

Kedua sejumlah anggota Mahasiswa SV IPB memberikan tutor sebaya kepada operator/admin kelurahan dan siswa PKL di Kelurahan Tanah Sareal dalam pembuatan template yang berfungsi untuk setiap postingan feeds Instagram, kegiatan ini dilakukan untuk sama-sama belajar dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari untuk membangkitkan motivasi belajar.

Ketiga Mahasiswa SV IPB membantu Kelurahan Tanah Sareal dalam menginformasikan pelayanan kepada masyarakat melalui Infografis. Pada Infografis tersebut menginformasikan bagaimana tahapan pembuatan Kartu Keluarga, KTP, Akta Kelahiran, Perpindahan Penduduk, dan Surat Kematian.

Keempat Mahasiswa SV IPB Melakukan dokumentasi pada setiap kegiatan acara Kelurahan Tanah Sareal, salah satunya kegiatan Bogor Bersih yang dilakukan di Mall Botani Square pada Selasa (22/11/2022), acara tersebut di hadiri oleh Walikota Bogor Dr. H. Bima Arya Sugiarto dan Wakil Walikota Bogor Drs. H. Dedie A. Rachim.

Acara Bogorku Bersih ini sudah cukup lama  diselanggarakan setiap tahunnya sejak tahun 2016. Nominasi yang dihadirkan pun beragam dengan jumlah finalis yang berbeda-beda setiap katagorinya. Pada katagori Permukiman Tepi Sungai Kelurahan Tanah Sareal memenangkan Juara 1 dan juga memenangkan juara 2 dalam katagori Bank Sampah.

Program Terakhir mahasiswa SV IPB melakukan pembuatan Slogan untuk kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor, slogan tersebut berbunyi "BERAKSI" yang mempunyai arti Bersih, Enerjik, Responsif, Kreatif, Inovatif, Laju, Aktual, Unggul. Mahasiswa SV IPB berharap dengan adanya slogan tersebut dapat menjadikan semangat lebih dan tarikan dalam kelurahan Tanah Sareal melakukan aksi-aksi kedepannya. Mereka juga membuat kuisioner ketika datang dan di ujung pelaksanaan tugasnya sebagai bahan evaluasi untuk mereka. Kuisioner di bagikan dengan menyebarkannya ke masyarakat penduduk sekitar Kelurahan Tanah Sareal.

Dokpri
Dokpri

Mahasiswa SV IPB mengaku sangat antusias dan banyak pelajaran yang bisa mereka ambil dari kegiatan ini. Harapan dari mereka semoga kedepannya dapat terus belajar mengenai Komunikasi Digital dan Media, dan memberikan dampak-dampak positif kepada masyarakat sekitar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun