Mohon tunggu...
Anggi Ariella
Anggi Ariella Mohon Tunggu... .

arlpr

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tutorial Membuat Kerajinan Jam Dinding dari Kayu Bekas

6 September 2019   21:05 Diperbarui: 6 September 2019   21:11 1476 1 1 Mohon Tunggu...

Perkenalan nama saya Anggi Ariella Pramudawardany. Saya siswa kelas 9G SMPN 4 Madiun. Saya berumur 15 tahun. Saya tinggal di perumahan Taman Asri 8 no.187, hobi saya bermain musik dan membaca novel.

Saya akan memberikan informasi mengenai cara membuat Jam dinding dari kayu bekas. Jam dinding merupakan salah satu aksesoris penting yang kerap ditempatkan pada setiap sudut ruangan. 

Selain berguna sebagai petunjuk waktu, jam dinding juga  bisa menjadi hiasan ruangan. Untuk menghemat biaya,kita dapat membuat kreasi jam dinding dengan memanfaatkan kayu bekas disekitar kamu.  

Alat dan bahan-bahan yang perlu di siapkan adalah : 

  1. kayu triplek, 
  2. kayu papan, 
  3. mesin jam, 
  4. kulit sintetis, 
  5. gunting, 
  6. pensil, 
  7. paku, obeng, kuas, lem kayu, 
  8. dan cat.

Langkah - langkah pembuatan :

  1. Ambil kayu triplek dan buat pola bergambar lingkaran di bagian tengah. Jika sudah, warnai lingkaran tersebut menggunakan cat warna hitam atau sesuai warna keinginan kalian. Agar hasilnya maksimal, gunakan kuas dan hati-hati saat mengecat.
  2. Setelah warna dasar kering, langkah berikutnya adalah memasang mesin jam pada bagian belakang triplek. Jangan lupa masukkan jarum jam pada bagian depan.
  3. Ambil papan kayu yang sudah dilubangi sesuai ukuran mesin jam. Lalu, lapisi kayu tersebut menggunakan lem kayu pada seluruh permukaan. Kemudian tempelkan triplek yang sudah terdapat mesin jam ke papan kayu.
  4. Langkah terakhir, pasang kulit sintetis di kedua sisi papan sebagai penggantung jam. Kemudian, paku kulit sintetis tersebut agar lebih kuat dan tidak mudah lepas.

Pembuatan jam dinding dari kayu bekas tersebut saya pelajari dari pelajaran prakarya. Selain untuk mengurangi limbah kayu, pembuatan jam dinding dari kayu bekas jg dapat mengasah kreativitas saya dalam membuatnya. Semoga teman" yang membaca jg dapat mengasah kreativitas yang didapat dari pelajaran prakarya ya :)

VIDEO PILIHAN