Mohon tunggu...
Anggi Afriansyah
Anggi Afriansyah Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti

Masih terus belajar. Silahkan kunjungi blog saya: http://anggiafriansyah.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Komik dan Hal-hal Menyenangkan yang Seringkali Dilupakan Ketika Dewasa

2 Maret 2019   23:17 Diperbarui: 2 Maret 2019   23:29 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membaca komik dalah hobi saya sejak dulu. Pertama kali saya berkenalan dengan doraemon. Kemudian Chinmi. Kesemuanya karena ada sepupu yang berlangganan. Setiap main ke rumahnya, saya ikut membaca. 

Setelah SMP, baru saya mulai beli sendiri, itu pun dengan banyak keterbatasan. Baru di saat kuliah, dengan sisihan uang jajan, saya bisa mulai mengoleksi Conan, Naruto, One Piece, dan Bleach. Kadang bergantian membeli dengan adik saya khususnya untuk komil Conan. Adik saja juga mengoleksi Miko, yang kemudian juga saya baca dengan seksama.

Membaca komik adalah hal yang amat menyenangkan tetapi sering luput dilakukan. Menjadi tua bukan berarti tak boleh lagi membaca komik. 

Sampai setua sekarang saya tetap membaca komik. Membaca komik menurut saya sangat menyenangkan. Banyak hal yang dapat dipelajari. Juga tentu saja efek relaksasinya yang membuat pikiran lebih nyaman.

Soal mentalitas tidak pantang menyerah juga ada di komik-komik yang dikreasi penulis dari negeri sakura tersebut. One Piece, Naruto, dan Bleach misalnya bicara soal kekuatan mimpi, kerja keras, kesungguhan, dan persahabatan. Conan bicara soal ketelatenan dalam mengamati beragam permasalahan juga bekerja sama untuk menyelesaikan problem. Doraemon bicara soal persahabatan dan imajinasi.

Cobalah ketika anda sedang suntuk, malas berbuat apa-apa, jenuh dengan pekerjaan dan keseharian, buka kembali komik-komik, apapun judulnya. Niscaya semangat kembali meletup-letup. Setidaknya itu yang saya rasakan.

Banyak kata-kata yang quotable di dalam komik dan menjadi inspirasi bagi jutaan orang. Saya begitu kagum dengan cara para penulis itu menarasikan gagasan cemerlang tersebut ke dalam komik. Menguatkan orang-orang yang butuh asupan motivasi dengan gizi tinggi tanpa berniat menggurui.

Komik-komik yang saya punya sudah saya baca berulang kali. Dan tetap saja saya terhanyut dan merasa kagum atas imajinasi para penulis yang luar biasa itu. Dan setelah membaca berkali-kali pun tetap menambah motivasi untuk menghadapi hidupnyang seringkali tak menyenangkan itu.

Jadi, jika anda jenuh, sempatkan diri melongok komik-komik yang ada miliki. Baca dan resapi. Kata-kata yang ada di komik tersebut akan menjadi pengungkit agar semangat anda kembali berkobar, kembali menggelora. Jangan takut dan khawatir jika kita dianggap anal kecil. 

Menjadi orang dewasa memang seringkali tidak menyenangkan. Banyak hal yang menyenangkan kemudian dicerabut atas nama usia. Membaca komik adalah salah satunya. Kesenangan ini tak boleh diambil alih atas alasan apapun. 

Sudahkah anda membaca komik hari ini?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun