Mohon tunggu...
Anggia Febrianty
Anggia Febrianty Mohon Tunggu... Penulis - Anggi

Saya seorang mahasiswa akuntansi berkuliah di Unes

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Kearifan Lokal dan Pesona Danau Toba

22 September 2021   17:17 Diperbarui: 22 September 2021   17:49 126 8 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kearifan Lokal dan Pesona Danau Toba
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

75 ribu tahun yang lalu letusan dahsyat terjadi pada Gunung Api Purba Toba, yang telah mengeluarkan magma minimal 300 km3. Letusan maha dahsyat itu dikenal dengan istilah supervolcano. Letusan super dahsyat ini membentuk danau yang indah yaitu Danau Toba di Sumatera Utara. Danau toba merupakan salah satu danau vulkanik terbesar di dunia, bangga rasanya ketika salah satu keajaiban alam di dunia menjadi milik Indonesia.

Danau toba memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mil) dengan kedalaman sekitar 505 meter. Keunikan danau ini yaitu pulau di atas pulau, dan danau diatas danau. Pulau Samosir berada di atas Pulau Sumatera, dan Danau Sidihoni serta Danau Aek Natonang Berada di atas Danau Toba. Wonderful Indonesia itulah julukan yang bisa kita beri terhadap pesona danau toba.

Kaldera toba memiliki letak geologis dan warisan tradisi yang tinggi dengan masyarakat lokal khususnya dalam hal budaya dan keanekaragaman hayati yang telah diakui oleh negara anggota UNESCO pada tahun 2020. Selain itu bersama pemerintah melalui kemenparekraf telah menetapkan bahwa danau toba termasuk destinasi super prioritas Indonesia atau bisa disebut dengan DSP Toba. Keindahan alam yang ditawarkan danau toba menjadi ikon pariwisata Indonesia.

Kearifan Danau Toba dan Sekitarnya

1. Tradisi dan budaya

Penampilan musik tradisional Gondang Batak dan tari Tor-Tor sering ditampilkan dalam berbagai acara pernikahan dan festival. Tari tor-tor di suku batak terdiri dari beberapa jenis yaitu tortor souan, pangurason, tortor tunggal panaluan, sipitu cawan, dan tortor sigale-gale.

Tarian tortor merupakan tarian khas suku batak yang bisa di jumpai di daerah Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir dan Simalungun. Tarian ini bukan hanya sekedar tarian biasa akan tetapi sebagai media komunikasi seperti tortor somba. Setiap gerakan dalam tortor memiliki makna tersendiri, itulah alasan kenapa dibilang sebagai media komunikasi dari setiap gerakan tortor ada pesan yang tersampaikan.

2. Kain tradisional

Kain tenun ulos menjadi kain khas Sumatera Utara yang dibuat dengan cara yang tradisional. Pengunjung bisa dengan mudah melihat proses pembuatan kain tenun ulos secara langsung. Kain tenun ulos mempunyai nama, fungsi, makna dan cara pemakaian yang berbeda. Proses pembuatan membutuhkan waktu satu minggu, namum semakin rumit motifnya maka proses pembuatan akan semakin lama sserta harga jualnya pun semakin tinggi.

3. Rumah adat

Rumah adat khas batak adalah Jabu Bolon atau Rumah Bolon yang dikenal dengan Rumah Gorga karena ukiran khas yang melekat di rumah adat Batak Toba ialah ukiran Gorga. Ciri khas dari ukiran ini yaitu ada lekukan dengan warna merah putih dan ada hitam. Bentuk rumah adat ini persegi panjang dengan atap dua sisi mengerucut, memiliki tangga, jendela dan pintu. Selain itu ada hal yang membuat mata tertarik melihat rumah Gorga yaitu identik dengan kolong,  jadi dibawah rumah itu dulunya difungsikan untuk ternak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan