Travel

Gunung Prau, Tempat Melihat Sunrise Terbaik Se-Asia!

15 Mei 2019   20:35 Diperbarui: 15 Mei 2019   20:39 17 0 0

Gunung Prau merupakan Gunung yang terletak di Kabupaten Wonosobo. Gunung prau sangat cocok bagi pendaki Pemula karena jalurnya tidak terlalu berat dan tidak terlalu tinggi.Gunung Prau sebenarnya memiliki tinggi 2590 MDPL,namun banyak orang yang mengatakan bahwa tinggi Gunung Prau adalah 2565 MDPL,Hal ini dikarenakan Gunung Prau memiliki 2 Puncak dimana biasanya para pendaki hanya sampai di area sunrise camp yang berketinggian 2565 MDPL. Di Gunung Prau sendiri memiliki 6 jalur pendakian,antara lain Jalur Pendakian Via Patak Banteng,Via Kali Lembu,Via Dieng Wetan,Via Dieng Kulon,Via Campurejo,dan Via Wates. Jalur Pendakian Via Patak Banteng merupakan jalur yang paling Favorit bagi para Pendaki karena hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam saja untuk sampai di spot sunrise camp untuk melihat view sunrise terbaik.

Di Gunung Prau kita dapat melihat Sunrise yang sangat menajubkan karena sunrise di gunung Prau memiliki pemandangan alam yang luar biasa dimana kita bisa melihat view 5 Gunung,Yakni Gunung Sindoro,Gunung Kembang,Gunung Sumbing,Gunung Merbabu,Dan Gunung Merapi. melalui pemandangan gunung Sumbing,Sindoro dan Kembang kita bisa melihat wujud asli Gambar yang terdapat dalam kemasan air minum Aqua yang sangat popoler di Indonesia.Di sekitar Gunung Prau anda juga dapat berkesempatan mengunjung objek wisata lain yang jaraknya tidak terlalu jauh dari basecamp pendakian.objek wisata tersebut antara lain, Kawah Dieng,Bukit Sinukir ,Telaga Warna,Candi Arjuna,Candi Gatotkaca,Candi Bima,Candi Dwarawati dan berbagai air terjun.

Jika anda ingin berkunjung ke Gunung Prau alangkah baiknya anda merencanakannya pada bulan Mei-Desember,karena biasanya pada awal tahun atau bulan Januari-April Semua jalur pendakian ditutup dikarenakan ada perbaikan jalur dan pengembalian ekosistem. Namun faktor musim/cuaca juga patut anda pertimbangakan sebelum mendaki Gunung Prau karena jika musim Kemarau suhu di Gunung Prau bisa mencapai minus 0 derajat celcius.