Mohon tunggu...
Anggani Safrino
Anggani Safrino Mohon Tunggu... MAHASISWA ADMINISTRASI PENDIDIKAN

NAMA : ANGGANI SAFRINO TTL : 20 APRIL 2000 TAPAN saya tinggal di TAPAN kecamatan ranah ampek hulu kabuaten pesisir selatan riwayat pendidikan saya TK asyah tapan SDN 1O TALANG SMPN 1 BASA AMPEK BALAI SMAN 1 BASA AMPEK BALAI Mahasiswa Aktif Program Studi Administrasi Pendidikan FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI 2018-SEKARANG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendidikan Inklusi dalam Sekolah Umum Apakah Efektif dan Efisien bagi Anak Disabilitas?

21 April 2021   14:09 Diperbarui: 21 April 2021   14:20 27 0 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan inklusi adalah pendidikan dimana peserta didik yang difabel (memiliki keterbatasan dan keterbelakangan, mental, fisik, yang membutuhkan kebutuhan khusus) di ijinkan bersekolah di sekolah umum dan bergabung dengan peserta didik lainnya. Sekolah harus menyiapkan sarana dan prasrana yang dibutuhkan seperti akses khusus ke sekolah, toilet khusus , tangga khusus, dan kebutuhan anak-anak difabel lainnya demi berlangsungnnya pendidikan inklusi.

Pendidikan inklusi baik bagi peserta didik difabel yang memiliki keterbatasan yang bersekolah di sekolah umum. Karena akan memberikan dampak positif serta memotivasi semangat bagi anak-anak difabel bahwa, mereka berhak untuk mendapatkan pendidikan secara normal dan berinteraksi dengan peserta didik lainya. Keterbelakangan dan keterbatasan mental bukan hambatan, menurut saya peserta didik difabel seharusnya harus diberikan ruang untuk berkreasi dengan peserta didik lainya, sehingga mereka merasakan bahwa mereka sama dengan anak-anak yang normal. Interaksi sosial yang mereka lakukan bersama murid lainya membuat mereka termotivasi untuk lebih semangat dalam belajar karena mereka dapat merasakan bagaimana pendidikan normal mereka.

Peserta didik yang memiliki keterbelakangan dan keterbatasan fisik harus diberikan dan dipenuhi kebutuhan mereka dalam menunjang kegiatan mereka disekolah, disini dibutuhkan perhatian dari pihak sekolah dalam memberikan srana dan prasrana kepada peserta didik yang difabel agar mereka mudah dalam melakukan kegiatan disekolah umum. Baik seperti, media belajar, tangga kelas, simbol-simbol, atau kode-kode agar memudahkan mereka, dalam belajar. Toilet khusus dan kebutuh lainnya agar mereka nyaman dan dapat melaksanakan aktifitas dengan normal.

Pendidikan inklusi baik bagi pihak sekolah, tentu saja baik menurut saya hal ini akan menambah ke eksistensi sekolah dalam mengelola, baik dari segi sumber daya manusia (guru) yang tentu harus mampu dalam memberikan pelajaran kepada anak-anak difabel yang mempunyai kebutuhan khsus dan hal ini akan menambah pengalaman guru dalam mendidik, kerena sejatinya seorang guru harus tau cara dalam mendidik murid yang memiliki bermacam-macam latar belakang yang berbeda, serta memiliki keterbutuhan khusus, seperti halnya anak-anak difabel. Seorang guru harus mampu memberikan pembelajaran dan memotivasi mereka dalam mejalankan pembelajan dengan baik, dengan demikian guru harus juga diberikan pelatihan dalam membimbing anak-anak difabel agar guru dapat dengan baik memahami dan cara menididik anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Dari segi srana dan prasrana pihak sekolah menjadi paham dalam menrancang dan menyediakan kebutuhan bagi anak-anak difabel.

Dalam hal ini tentu, sekolah harus memerlukan usaha yang lebih dalam melaksanakan pendidikan inklusi ini, sekolah harus menyiapkan dan menyediakan media belajar dan fasilitas lainya. Sekolah juga harus memberikan pemahaman moral kepada anak-anak normal dalam rasa saling menghargai, motivasi anak-anak normal agar mereka bisa membantu dan menyemangati teman-teman mereka yang memiliki kebutuhan, sehingga mereka tidak membeda bedakan teman, oleh karena ini lah moral harus di tanam kepada peserta didik disekolah.

Pendidikan inklusi baik bagi masyarakat sekitar, ya tentu baik bagi masyarakat sekitar, kerena dengan adanya pendidikan inklusi membantu masyarakat dalam menjawab dan sosulisi bagi masyarakat dalam mendapatkan pendidikan bagi anak-anak mereka yang memiliki keterbatasan khusus sehingga memudahkan masyarakat dalam menyekolahkan anak mereka. Karena tidak disemua daerah apa lagi di pedesaan memiliki sekolah khusus difabel atau  sekolah luar biasa. Dengan adanya pendidikan inklusi disekolah umum ini sangat membentu masyarakat untuk anak-anak mereka dapat mengeyam pendidikan, karena selain kurangnya SLB di pedesaan dan di beberapa wilayah serta tentu memelukan biaya yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan anak mereka apalagi di sekolah luar biasa yang dikelola oleh swasta.

Dengan demikian pendidikan inklusi dalam  sekolah umum sangat berperan bagi anak-anak difabel yang mampu menjawab, mereka juga bisa setara dengan anak-anak normal lainnya dengan mereka mendapatkan pendidikan yang sama di tempat yang sama pembelajaran yang sama dengan anak-anak normal pada umumnya, dengan adanya pendidkan inklusi ini sangat meberikan improvisasi kepada sekolah umum yang menyediakan pendidkan inklusi dapat membantu dan menfasilitasi anak-anak difabel dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan inklusi sangat dirasakan masyrakan dan dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan dan  anggapan  buruk dari masyrakat, sehingga pendidikan inklusi sangat penting bagi generasi atau anak-anak mereka.

 

 

VIDEO PILIHAN