Mohon tunggu...
Irfan Hanif
Irfan Hanif Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Stay healthy

Berhenti bersikap ragu-ragu dan bimbang | Teruslah jalan ke depan dan jangan berhenti di tengah jalan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Emosi Tidak Tertahankan? Coba Gunakan Cara Ini!

5 Agustus 2022   14:55 Diperbarui: 5 Agustus 2022   15:17 94 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa yang kalian rasakan ketika mengalami emosi yang berlebihan sampai tidak bisa ditahan? Apakah akan meluapkannya hingga menumpahkan kekesalan pada orang lain, atau akan membanting suatu barang? Atau yang lebih parahnya lagi sampai melakukan tindakan keji? 

Tentunya memang emosi berlebihan sampai melakukan hal-hal semacam itu sangatlah tidak baik karena tentunya akan berdosa besar dan bisa-bisa di penjara karena aksi dari perbuatan keji yang kita lakukan, hanya karena sebuah emosi besar.

Setiap orang pasti mempunyai caranya masing-masing dalam mengatasi suatu emosi dan lakukanlah dengan senang hati asalkan tidak merugikan orang lain, misalnya menyalurkan hobi, hang-out bersama teman, atau sekedar di rumah saja sambil menikmati cemilan sambil menonton tv. 

Jika dilihat dari ajaran Islam, ketika sedang emosi maka dianjurkan untuk ber-istighfar, mengambil wudhu, membaca Al-Qur'an (mengaji), atau bahkan sholat. Ya, cara itu memang benar dan harus dilakukan bagi setiap umat Muslim.

Tapi yang menjadi pembahasan disini adalah mengatasi emosi dilihat dari sisi umumnya. Sepertinya contohnya tadi melakukan hobi. Mungkin cara berikut ini dapat membantu kalian apabila sedang mengalami emosi besar alias sudah tidak bisa di tahan lagi.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah tidur saja. Tidak salah? Yup memang tidak salah sepertinya. Karena dengan kita tidur maka perlahan emosi akan hilang dari kepala dan membuat pikiran kembali fresh. 

Tapi harus lihat sikon ya, jangan kita tidur di tengah keramaian, melainkan ketika sedang berada dirumah saja saat kita emosi besar, langsung saja tidur / tidur-tiduran. 

Lupakan hal-hal yang menjadi penyebab emosi, jangan diingat-ingat terus nanti yang ada malah tambah pusing hingga berujung pada stress bahkan depresi. Tentu hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan. 

Selain itu saat sedang tidur usahakan sambil Tarik nafas sepanjang-panjangnya lalu hembuskan, lakukanlah berulang kali sampai pikiran dan hati merasa tenang.

Selanjutnya saat emosi besar terjadi, cobalah untuk menghayal dan mengingat sesuatu yang lucu dan mengundang tawa besar. Pastinya kita pernah dong, mengalami suatu hal yang sangat lucu atau bahkan sekedar melihat saja? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan