Mohon tunggu...
Irfan Hanif
Irfan Hanif Mohon Tunggu... Stay healthy

Berhenti bersikap ragu-ragu dan bimbang | Teruslah jalan ke depan dan jangan berhenti di tengah jalan

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Menanti Berbuka Puasa di Warung Siomay Bang Yono

22 Mei 2019   06:23 Diperbarui: 22 Mei 2019   07:02 0 0 0 Mohon Tunggu...
Menanti Berbuka Puasa di Warung Siomay Bang Yono
sumber: cdn2.tstatic.net

Berbuka puasa adalah momen yang ditunggu oleh setiap orang pada bulan Ramadhan pada umumnya. Belum lagi kalau hidangan yang disajikan sangatlah enak dan mengundang selera, seperti misalkan kolak, es cendol, es buah, sirup dingin, kemudian makanannya ada lontong, pastel, lemper, gorengan bervariasi, dan kue kering dan basah lainnya.

Pasti itu menjadikan buka puasa kita spesial kan? Tak hanya itu, kalau buka puasa tempat makan apalagi restoran pasti lebih berkelas dan mengasyikkan lagi tentunya. Tapi ya itu harus disesuaikan juga dengan budget yang kita miliki, katakanlah kita menyimpan Rp 500.000,- di dompet, namun kita gunakan itu untuk makan di restoran dengan total 200 ribuan. Yaa yang ada langsung ludesss duit kita.

Lebih baik cari yang murah, lengkap, enak, dan diminati banyak orang saja sehingga uang saku kita tidak terkuras banyak. Nah soal menanti berbuka puasa saya ada rekomendasi tempat untuk dikunjungi nih. Yaitu warung Somay Bang Yono, yang terletak persis di samping kampus Universitas Budi Luhur. Ini adalah kampus saya sewaktu kuliah.

Memang banyak sekali tempat makan disamping kampus saya. Selain enak, harganya juga murah pokoknya pas lah dengan kantong mahasiswa. Di somay Bang Yono ini saya biasa makan disana bersama teman, dan menunya juga bervariasi. Mulai dari somay, nasi goreng, mie goreng/rebus, roti bakar, kwetiau goreng, lalu ada minumnya yaitu jus jeruk, teh manis dingin/hangat, es ovaltine, milo, susu jahe, dan macam-macam.

Wahh pokoknya enak dan murah-murah disini. Namun sayangnya tempatnya terbatas, jadi kalau mau makan disitu untuk berbuka puasa harus datang lebih awal. Kebetulan waktu itu saya dan teman-teman baru saja selesai siding Tugas Akhir alias skripsi. Alhamdulillah saya senang sekali lulus bersama teman-teman lainnya, kemudian kami semua foto-foto.

Selepas foto bareng, karena waktu sudah mendekati buka puasa dan Adzan Maghrib, kami semua langsung saja menuju ke warung somay itu, waktu itu kalau tidak salah kami hanya ber lima atau enam. Sesampainya disana kami mengobrol dulu seperti biasa, dan untungnya saat itu tidak ramai mungkin karena mahasiswa di kampus sudah pada pulang.

Saya sempat kebingungan mau memesan apa, soalnya enak-enak semua sih hehe... selain enak ya itu tadi harganya murah meriah pokoknya cukup lah kantong. Sambil lanjut mengobrol akhirnya saya memesan somay saja beserta teh manis hangat, itu menu yang disajikan untuk berbuka puasa. Sedangkan teman lainnya ada yang langsung makan berat, mereka kebanyakan memilih nasi goreng.

Untuk saya makan beratnya dirumah saja, soalnya kalau disitu takut malas gerak kekenyangan. Teman saya bilang "wey fan, lu pesen apaan?" dijawab "gua somay sama teh manis hangat aja lah, buat buka doang gua mah". Bilang lagi "ohh gitu, gua nasi goreng lah sekalian makan disini". Kebanyakan pada bilang begitu, tapi untuk saya tidak deh. Buka puasa terbiasa makan yang ringan-ringan saja soalnya.

Yap, kami lanjut mengobrol lagi sembari menunggu menu dan waktu buka tiba. Hebatnya nih, warung somay Bang Yono ini tidak pernah sepi pengunjung. Mau pengunjung dari kalangan manapun selalu ada, tapi kebanyakan mahasiswa. Ada juga karyawan kantoran, yang kerja di kampus seperti dosen, karyawan, cleaning service juga suka makan disini.

Memang laku keras nih tempatnya, kecil, simpel, tapi menunya enak dan murah semua. Dan yang lebih hebatnya lagi orang yang kerja disini juga pakai seragam lho. Berarti benar-benar top lah tempat makannya. Namun sayangnya tidak ada AC, hanya kipas angin saja, maka itu banyak yang kepanasan. Mungkin next akan dipasang AC kali yaa...

Tidak terasa waktu buka sudah tiba dan kami semua saat itu langsung berdoa berbuka puasa. Seperti biasa saya minum teh hangatnya dulu, dan dilanjutkan dengan makan somay nya. Oh iya, somaynya juga bisa request mau berapa banyak. Bisa sepiring isi 5 atau 10. Tentu bayarnya juga beda. Somay isi 5 atau 10 ditambah dengan tahu, telor, kentang, pare, wah mantap ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2