Irfan Hanif
Irfan Hanif Keep Learn

Terus asah kreativitas | Kembangkan ide-ide menarik | Jadi yang terbaik dan bisa percaya diri | Coba berpikir di luar hal yang biasa.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Mengoleksi CD AKB48 (Idol Grup Asal Jepang)

9 Oktober 2018   19:03 Diperbarui: 10 Oktober 2018   14:35 593 0 0
Mengoleksi CD AKB48 (Idol Grup Asal Jepang)
theverge.com

Siapa yang tak kenal dengan idol grup AKB48? Idol grup yang dibentuk pertama kali di Jepang pada tahun 2005 ini adalah favorit untuk anak-anak muda sekarang. Pasti yang ngefans dan suka sekali dengan lagu-lagunya tahu betul secara keseluruhan. Lagu-lagunya bertemakan tentang semangat hidup, perjuangan, kesuksesan, perpisahan, bahkan percintaanpun juga ada.

Maka tak heran jika anak muda banyak yang suka sekali dengan lagu ini. Karena member dari idol grup ini adalah anak-anak muda jadi fansnya juga anak muda. (Sebutannya member untuk idol grup ini). Tetapi kebanyakan yang kita lihat bahwa yang ngefans anak laki-laki ya, justru hal ini membuat saya heran dan bertanya-tanya.

Tapi setelah mengetahui dan terus mengikuti informasinya ternyata juga diminati oleh anak perempuan. Jelas saja anak laki-laki yang suka, karena grupnya berisikan anak perempuan semua, sudah cantik, bening, performa saat dipanggung juga ok banget, siapa sih laki-laki yang tidak terkesima melihatnya?? Wkwk...

Nah, mengenai idol grup AKB48 saya juga sebenarnya ngefans. Ya kalau kita tahu di Indonesia namanya JKT48 ya yang berdomisili di Jakarta. Kalau Jepang domisilinya di Akihabara. Sebenarnya banyak lagi yang termasuk dalam 48 grup, seperti NMB48, HKT48, BNK48, MNL48, NGT48, SNH48, TPE48, SKE48, dan ada beberapa lagi pokoknya :D.

Awal mulanya saya fans dengan AKB48 adalah dari JKT48. Jadi saat itu saya sedang mendengarkan lagu-lagu dari JKT48, dan kebetulan ada beberapa lagu yang menurut saya enak didengar. Nadanya, liriknya pun juga bagus. Suatu saat karena saya merasa kepo akhirnya saya mencari tahu lebih dalam sebenarnya darimana asal JKT48 itu.

Setelah beberapa lama kemudian, saya menemukannya di internet bahwa aslinya dari AKB48 yang di Jepang. Nah barulah disitu saya melihat foto-foto membernya mulai dari generasi 1, tapi sekarang generasi 1 nya sudah banyak yang graduate alias lulus. Sama halnya di JKT48.

Bagi yang belum tahu, bahwa idol grup 48 ini berkonsep seperti akademi, ya seperti sekolah lah ya. Diterima masuk melalui audisi dan dihadiri oleh pendirinya yaitu Yasushi Akimoto (Aki-P). Namun ketika member tersebut sudah merasa cukup untuk di grup ini mereka memilih untuk graduate yaitu dengan melaksanakan rangkaiannya seperti bernyanyi dan menari dihadapan para fans untuk terakhir kalinya.

Barulah disitu member dinyatakan graduate dari 48 grup. Sebenarnya saya juga tidak tahu betul sih, tentang sejarah nya. Hanya sekedar tau menau saja hehe, jadi maaf saja kalau ada yang salah (bila kalian tahu yang sebenarnya). Sekarang ini saya jadi lebih sering mencari dan menonton di internet mengenai AKB48 jika ada waktu luang.

Sampai saya hafal beberapa lirik lagunya, makna lagunya, tarian-tariannya dan sejarahnya. Hingga perjuangannya dari awal. Tak hanya itu profil para membernya pun juga saya cari tahu semuanya (niat banget ya :D). Sehingga memutuskan untuk membeli CD nya di online shop. Ya, walaupun itu barang second tapi kondisinya masih sangat mulus dan bagus seperti baru.

Langsung saja saya membeli dan mengoleksi beberapa CD nya. Ya mau bagaimana lagi, namanya ngefans kan pasti ingin sekali mengoleksi sesuatu dari idol grup itu. Tak hanya CD, photopack dan photobook dari para member juga ada. Setiap waktu kosongpun saya selalu menyetel CD nya melalui laptop, dan mendengarkan asyiknya irama lagunya.

Oh ya, AKB48 juga mempunyai sub-unit yang bernama Watarirouka Hashiritai atau disingkat Warota. Kalau tidak salah awalnya sub-unit ini dibentuk pada tahun 2008 atau 2009, yang beranggotakan 4 member. Member itu bernama Watanabe Mayu, Ota Aika, Hirajima Natsumi, dan Haruka Nakagawa (yang sekarang eksis di Indonesia, pasti tau dong dengan Haruka? :D).

Untuk CD dari Warota itu saya juga punya, selain AKB48 saya juga suka dengan lagu-lagu dari Warota. Sayangnya sub-unit ini sudah bubar pada Februari 2014 lalu karena sudah tidak ada yang menyempatkan waktu untuk berkumpul lagi, sehingga diresmikan untuk dibubarkan saja. Single dari Warota sudah cukup banyak, kalian bisa cek sendiri ya di google. Hehe...

Kalau tidak salah mereka mulai membuat singlenya pada tahun 2009 dan diteruskan hingga 2010 sampai 2011. Untuk albumnya juga ada tepat ditahun 2010 juga, kemudian pada 2014 rilis juga album terakhir dari Warota (tepat pada konser perpisahannya saat itu). Singkat cerita sih, awal mula sub-unit ini bernama Okashina Sisters. Dulu baru beranggotakan 3 member, yaitu Watanabe Mayu, Ota Aika, dan Haruka Nakagawa saja.

Tetapi setelah Hirajima Natsumi masuk ke sub-unit ini, namanya berubah menjadi Warota. Dan pada tahun 2010 ada lagi member bernama Kikuchi Ayaka masuk juga ke sub-unit ini dan anggotanya menjadi 5 orang. Lalu pada tahun 2011 (kalau tidak salah) ada 2 member lagi masuk bernama Komori Mika dan Misaki Iwasa sehingga anggotanya bertambah 7. Maka itu sub-unitnya diubah menjadi Watarirouka Hashiritai 7.

Nah kira-kira itu singkat ceritanya, jujur saja saya sangat fans dan menyukai idol grup ini. Sampai-sampai tiap ingin mendengarkan lagu, selalu lagu dari AKB48 dan Warota yang disetel dari CD yang saya punya. Malah, saya ingin mengoleksi lebih banyak lagi CD dari AKB48 dan Warota. :D

Jadi kalau kalian mengidolakan idol grup atau band apapun itu, jangan sungkan untuk mengoleksi lagu-lagunya melalui CD. Sebab itu adalah salah satu bukti bahwa kita menghargai hasil karya orang, dengan membeli CD nya. Dan itu bukti juga kalau kita memang benar-benar mengidolakan band atau idol grup tersebut. Janganlah malu bila ada orang lain berkata: "Ih ngapain lu ngoleksi CD nya? Kan bisa download dari internet??". Eksis saja, dan tak ada yang melarang kok :D.