Mohon tunggu...
Angga Aria
Angga Aria Mohon Tunggu... Foto/Videografer - menulis untuk menjadi pintar

Hidup Sekali, Hiduplah dengan Manfaat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Antara Kewajiban dan Ketulusan

5 Agustus 2021   21:15 Diperbarui: 5 Agustus 2021   22:53 257 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Antara Kewajiban dan Ketulusan
Jason, Asst. Manager Legal & Relations mendekati seorang wanita lanjut usia sebelum penyelenggaraan Program Pengobatan Desa Sambiroto (16/10/2019)/dokpri

Bekerja menjadi Humas bukanlah merupakan hal yang mudah seperti anggapan kebanyakan orang. Hubungan Masyarakat, begitu singkatannya dari sebuah titel pekerjaan Humas. Pemerintah Indonesia melalui kesepakatan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi dengan SKK Migas dan KKKS di tahun 2021 menargetkan 1 Juta Barrel Oil Per Day (BOPD) dan 12 Billion Standart Cubic Feet per Day (BSCFD). Dengan target yang tidak sedikit tersebut, membutuhkan kerja keras dan komitmen dari seluruh KKKS serta dukungan dari seluruh stakeholder terkait. 

13 tahun lamanya saya sudah berkecimpung dalam dunia Hulu Migas di Blok Tuban, mulai dari JOB Pertamina-PetroChina East Java, sampai sekarang dioperatori oleh Pertamina EP Sukowati Field. Dan menjadi seorang Humas di dunia Hulu Migas merupakan tantangan dengan segala dinamika menghadapi berbagai macam orang dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, hingga provinsi. Berusaha untuk berada dalam posisi tengah menjembatani sosial masyarakat dan perusahaan bukanlah hal yang mudah. 

Sebagai orang yang bekerja untuk kepentingan perusahaan namun juga harus dapat bersinergi dengan masyarakat sekitar wilayah operasi. Saya pernah berdebat keras dengan seorang kepala desa daerah operasi, "Sebagai humas yang bekerja untuk perusahaan, saya pun juga punya hati untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar Pak!, " ujar saya dengan lantang pada saat itu. Kades yang mulanya berdebat panjang dengan saya itupun pada akhirnya melanjutkan pembicaraan yang panjang sambil diselingi canda tawa sampai dengan larut malam.

Bagi saya, membuat satu program kemasyarakatan pun merupakan salah satu tantangan dalam dinamika pekerjaan Humas Hulu Migas. Memetakan kepentingan masyarakat luas tanpa disertai kepentingan segelintir orang dalam suatu daerah adalah satu hal yang tidak mudah. Untungnya saya memiliki atasan yang memiliki satu pandangan dengan saya. 

Berasaskan kepentingan umum, kami seringkali dimudahkan dalam pekerjaan kami. Entah kenapa, mungkin memang dimudahkan karena niat baik untuk memberikan manfaat positif bagi warga sekitar.  Gayanya dalam berbicara dengan masyarakat sekitar pun tidak tampak adanya kesenjangan yang terjadi umumnya antara perusahaan besar dengan warga desa sekitar. Saya menyebutnya "Kerja dengan Hati".  Melakukan kewajiban sebagai pekerja perusahaan dengan ketulusan hati, demi memenuhi kebutuhan energi Indonesia.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN