Mohon tunggu...
Angeline Wijoyo
Angeline Wijoyo Mohon Tunggu... Jurnalis - Writing for Fun

Hello, I am Angeline Wijoyo and I am a writer. My writing is originally base on my thought, most things that happened in our life which i made it into a piece of article. Hopefully this writing can be an inspiration or encouragement for people out there who need it. I like to know about you more, gave me your opinions about my pages. Thanks

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Generasi Milenial Membawa Perubahan pada Masa Mendatang

28 Oktober 2019   15:30 Diperbarui: 28 Oktober 2019   15:39 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Jakarta- anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan "Generasi  Milenial". Generasi Milenial dikenal dengan generasi yang suka dengan segala sesuatu yang instan, efektif  dan cepat. Sifat dasar yang dimiliki oleh genarsi inilah yang membawa perubahan yang signifikan terhadap kebiasaan dalam masyarakat pada saat ini.

Dikutip dari proposal Statistik Gender Tematik yang disusun oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik Indonesia, generasi Milenial adalah generasi yang paling dominan di negara kita. angka statistik generasi ini mancapai 33,75% pada tahun 2017, tidak heran jika kebiasaan, pola pikir, dan cara bekerja mereka dengan cepat dapat diadopsi oleh masyaraka

Selain itu, keahlian dalam menggunakan sosial media membuat generasi ini menjadi lebih sensitif terhadap masalah yang sedang terjadi dalam masyaraka. Penyebaran berita yang begitu cepat dan luas yang diakibatkan oleh sosial media menjadi dampak yang positif bagi generasi ini karena  ke-frustasian akan masalah yang terjadi, mendorong generasi ini untuk berfikir dan mencari cara yang menghasilkan ide-ide yang berisikan solusi bagi masyarakat.

Gojek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak yang dijuluki perusahaan "Start Up Unicorn" menjadi contoh nyata hasil karya dari Generasi Milenial yang dipicu dari kefrustasian akan rumitnya sistem di negara kita yang pada akhirnya menghasilkan sebuah produk yang berisi solusi didalamnya. Imbas daripada produk-produk yang dihasilkan dari "Start Up Unicorn"  ini dianataranya yakni :


1. Terciptanya Lapangan Kerja Baru bagi Masyarakat Indonesia.
Produk-produk yang diciptakan oleh Generasi Milenial ini,  secara tidak langsung mengurangi beban sekaligus membantu Pemerintah dalam hal menciptakan lapangan kerja baru bagi pengangguran di Indonesia.

2. Mengubah Sistem dan Kebiasaan Masyarakat dari Inefisiensi menjadi lebih Efisien.

Dengan hadirnya produk-produk diciptakan oleh Generasi Milenial ini masyarakat tidak perlu lagi repot-repot lagi mencari taxi/ojek-ojek yang mangkal untuk ke suatu tempat, atau pusing karena harus bolak-balik ke kantor travel agen hanya untu membeli tiket pesawat dan menghabiskan modal yang besar untuk sekedar beli/ sewa ruko terlebih dahulu untuk membuka sebuah bisnis. Kini semuanya jadi lebih mudah.

3. Sebagai Saran Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Negara.

Produk yang dihasilkan dari "Start Up Unicorn" menjadi sarana untuk menarik para investor asing agar berinvestasi di negara kita, dengan modal investasi yang diberikan oleh investor asing ini perputaran ekonomi akan semakin membaik.

Hal inilah yang dipercaya bahwa Generasi Milenial dapat membawa perubahan bagi suatu negara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun