Mohon tunggu...
Angeline Callista
Angeline Callista Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Khatolik Parahyangan

Mahasiswa Teknik Informatika yang memiliki semangat tinggi dan antusias dengan tujuan untuk memajukan teknologi Indonesia dan mencari tantangan baru

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Geladi Hominisasi Unpar 2022

6 Oktober 2022   18:32 Diperbarui: 6 Oktober 2022   18:37 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Angeline Callista
6182201062

1.Pengalaman yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi Hominisasi UNPAR ini adalah saya dapat berkesempatan untuk merasakan bagaimana rasanya bekerja ditengah tekanan. Dengan ini saya dapat mengukur ketahanan mental saya dan melatihnya kembali agar lebih kuat dan menjadi kepribadian yang lebih baik. 

Menurut saya kegiatan ini sangatlah baik dan perlu diadakan dalam kegiatan mahasiswa. Dalam dunia kerja, kita harus siap dengan apapun yang sedang terjadi dan tetap mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan. Kita tidak bisa memberikan alasan apapun untuk dapat menunda pekerjaan tersebut. 

Menurut saya, kegiatan -- kegiatan seperti ini harus diperbanyak lagi agar kami para mahasiswa secara bertahap dapat melatih kekuatan mental kami diaman softskill ini sangat diperlukan. Tidak hanya dalam dunia kerja, disaat kuliah pun kami harus bisa belajar ditengah tekanan dimana terkadang ada terjadinya masalah pribadi ditambah juga dengan masalah perkuliahan. Saat itupun kami harus bisa dan sanggup untuk tetap menjalankan perkuliahan. Mungkin kegiatan seperti ini bisa ditambah dengan webinar tentang solusi atau tips -- tips yang dapat dilakukan ketika kita sedang bekerja dibawah tekanan.

Dengan pelatihan seperti ini, akan sangat berguna untuk mahasiswa dalam menjalankan kuliah dan juga mempersiapkan diri yang kuat untuk terjun kedunia kerja nantinya. Tidak hanya dalam lingkup universitas atau kerja, tetapi kita juga dapat memanfaatkannya ketika sedang menyelesaikan masalah social. Dimana kita harus dapat tenang dan berpikir jernih  agar permasalahan yang ada dapat terselesaikan dengan baik dan benar sehingga masalah dapat teratasi dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman ataupun perasaan dendam.

2.Pengertian logika menurut Wikipedia adalah hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Dari pengertian, menurut saya penting komunikasi dan logika sebagai warga negara. Tanpa logika kita tidak bisa berfikir dengan benar dan baik. 

Logika dibutuhkan manusia untuk berfikir secara kritis dalam hal apapun agar ketika kita sedang berhadapan dengan suatu hal yang berbeda, kita dapat memilih satu dari dua atau beberapa hal yang berbeda tersebut. Keadaan kehidupan setiap manusia berbeda, mulai dari kondisi social, keadaan keluarga, keadaan keuangan, kekuatan mental dan yang lain sebagainya sehingga kebutuhan setiap manusia berbeda beda. 

Kondisi inilah dibutuhkan skill untuk berfikir kritis menggunakan logika agar dapat mencapai tujuan dan kebutuhan dalam setiap kehidupan para individu. Untuk mencapai tujuan dan kebutuhan hidup, manusia juga membutuhkan bahasa untuk dapatmengutarakan apa yang mereka inginkan atau apa yang mereka tuju. 

Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa yang semua warga negara Indonesia gunakan. Banyaknya adat dan bahasa adat yang ada di Indonesia dapat menimbulkan perpecahan jika tidak adanya Bahasa Indonesia. Tidak semua masyarakat Indonesia menguasai semua bahasa adat yang ada di Indonesia sehingga kita menggunakan bahasa Indonesia  agar dapat berkomunikasi dan tercapainya tujuan bersama dan persatuan Indonesia.

Dari sudut pandang yang luas, mungkin dengan komunikasi yang baik dan kemampuan berpikir kritis seseorang dapat menjadi pemimpin negara Indonesia sehingga ia dapat mengambil keputusan untuk negara Indonesia dengan baik. Tercapainya keinginan rakyat dan tujuan pemerintah dapat beroperasi dengan seimbang sehingga tidak ada pihak -- pihak manapun yang merasa dirugikan.

3.Manfaat dari gelada Hominisasi yang saya dapatkan adalah saya berlatih untuk tetap dapat berfikir dengan baik ketika saya merasa tertekan. Tidak hanya itu saya juga belajar untuk membuat presentasi yang komunikatif, efektif, dan efisien. Komunikatif berarti bahasa yang kita gunakan ketika presentasi harus menggunakan kosa kata yang dapat dimengerti dengan mudah oleh audiens. Efektif dan efisien berarti bepresentasi dengan tidak bertele -- tele dan memuat materi -- materi penting. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan