Mohon tunggu...
Angeline Callista
Angeline Callista Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Khatolik Parahyangan

Mahasiswa Teknik Informatika yang memiliki semangat tinggi dan antusias dengan tujuan untuk memajukan teknologi Indonesia dan mencari tantangan baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Persatuan dalam Perbedaan

8 September 2022   13:56 Diperbarui: 8 September 2022   14:47 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Persatuan dalam Perbedaan

Sebagai mahluk ciptakan Tuhanyang sangat beragam, tentunya tidakk jaang kita temukan adanya perbedaan dan konflik -- konflik yang ditimbulkan akibat dari perbedaan -- perbedaan yang ada. Dengan ini, sebagai makhluk hidup kita mumbuhtukan pola pikir yang baik. Setiap orang punya kehidupannya masing masing dan yang pastinya terdapat perbedaan. Perbedaan -- perbedaan inilah yang dapat membuat pandangan orang lain menilai seseorang dengan berbeda tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Pola pikir positif, rendah hati dan sikap menghargai sesama sangat dibutuhkan dalam hidup sosialisasi. Pola pikir positif dapat mendorong kita untuk dapat menghargai sesama.

Spiritual adalah salah satu kunci kecil untuk mengubah pola pikir kita yang buruk. Agama apapun pasti mengajarkan hal -- hal baik yang kita butuhkan untuk menjalankan kehidupan di dunia ini. Segalanya sudah Tuhan siapkan untuk umat-Nya dapat hidup dengan baik. Dengan menekuni agama masing -- masing, pola pikir kita akan lebih positif sehingga membangkitkan sikap rendah hati. Karena apapun yang terjadi pasti ada alasannya. Yang positif belum tentu hasilnya akan positif dan sebaliknya.

Dari konflik -- konflik yang muncul di kehihidupan manusia, pasti ada ajaran atau hikmah yang dapat kita ambil. Semakin sering kita mengambil hikmah dari suatu pelajaran hidup, kita juga akan semakin dapat bersyukur dengan kehidupan kita yang berbeda beda ini dari orang lain. Setiap perbedaan kehidupan aka nada sisi positif dan juga sisi negatifnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun