Mohon tunggu...
Angelina AyuFadhila
Angelina AyuFadhila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobby Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Inovasi Program PELAPOCE sebagai Upaya Pencegahan Stunting pada Masa Covid-19

27 Januari 2022   18:50 Diperbarui: 27 Januari 2022   18:56 99 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

INOVASI PROGRAM PELAPOCE SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN STUNTING PADA MASA COVID-19 BERBASIS KELUARGA

DI PERUMAHAN PODOSUGIH

Angelina Ayu Fadhila Naca 1 , Ristiawati, S.KM., M.Kes 2

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan,

Universitas Pekalongan

E-mail: angelinanaca55@gmail.com

ABSTRAK

Upaya penanggulangan stunting saat masa pandemi Covid-19 ini memang selalu membayangi setiap kegiatan. Akan tetapi itu bukan masalah bagi Pemerintah khususnya bagi Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaiknya dengan cara pemberian layanan dan mengedukasi kepada ibu hamil, remaja, serta ibu balita. Tidak hanya Dinas Kesehatan, Masyarakat juga sangat berperan penting dalam kasus pencegahan stunting di masa pandemi. 

Sehingga di perlukan intervensi kegiatan untuk mengatasi masalah stunting di Perumahan Podosugih salah satunya dengan mengutamakan kegiatan promotif dan preventif, termasuk kegiatan-kegiatan proaktif untuk menjangkau masyarakat. Artikel ini membahas tentang inovasi program PELAPOCE atau sosialisasi serta penempelan poster cegah stunting saat pandemi Covid-19. 

Program PELAPOCE tidak hanya sebagai penempelan poster saja, melainkan suatu program kegiatan yang mengedukasi masyarakat Perumahan Podosugih agar melakukan penerapan pencegahan stunting secara individu yang dihadiri beberapa perwakilan dari RT setempat untuk dilakukan sosialisasi secara mandiri Door to Door ke rumah-rumah warga. 

Tujuan dari upaya penanggulangan cegah stunting di masa pandemi yang berbasis keluarga adalah memberikan dukungan, arahan serta solusi kepada masyarakat Kelurahan Podosugih untuk bersama-sama bangkit cegah stunting sejak dini melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan keluarga dengan terus berperilaku hidup bersih dan sehat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan