Mohon tunggu...
Angelica Nono
Angelica Nono Mohon Tunggu... Bukan penulis sungguhan

Mahasiswa aktif di universitas Nusa Cendana, fakultas Pertanian.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Papua: Harapan Indonesia di Masa Depan

22 Juli 2021   22:24 Diperbarui: 22 Juli 2021   22:34 172 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Papua: Harapan Indonesia di Masa Depan
Peta wilayah Papua yang berbatasan dengan negara Papua NuginiSumber: https://ensikloindonesia.blogspot.com/

Papua merupakan wilayah paling timur Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini. Luas wilayah Papua itu sendiri ialah 312.224,37 km2, dan terdiri dari dua provinsi, yakni provinsi Papua dan provinsi Papua Barat. 

Segala hal yang berkaitan dengan Papua semakin hari dikenal oleh khalayak luas, lantaran Papua menyimpan segudang kekayaan alam serta keindahan alam yang tiada habisnya. 

Bukan hanya kekayaan alam dan keindahan alam yang disuguhkan oleh Papua, tetapi juga adat istiadat dan kebudayaan juga turut melengkapi keeksotisan Papua dimata semua orang.

Ada begitu banyak tempat pariwisata yang ikonik dan terkenal hingga ke penjuru dunia terdapat di Papua yang wajib untuk dikunjungi. Raja Ampat salah satunya, yang terkenal dengan pemandangan terindah di dunia dan termasuk salah satu situs warisan UNESCO. 

Selain itu ada danau Sentani yang luas serta memiliki puluhan pulau kecil di dalamnya, dan masih banyak lagi destinasi wisata yang terkenal di Papua yang wajib untuk dinikmati.

Bisa dikatakan, Papua adalah kepingan surga bagi Indonesia, yang memberi banyak harapan baru serta memberi cahaya kilauan untuk ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia di masa mendatang. 

Dengan kekayaan alam, keindahan panorama alam, adat istiadat, dan budaya yang masih sangat lestari, dapat menjadikan Papua sebagai harapan untuk Indonesia dari sudut timur Indonesia. 

Kedepannya, Papua bisa menjadi tumpuan bangsa Indonesia agar tetap mempertahankan kesatuan negara Indonesia sendiri.

Tetapi sayangnya, dibalik itu semua, Papua yang seharusnya memberi harapan bagi Indonesia, justru mendapat kenyataan pahit yang hampir setiap saat terdengar ditelinga. 

Masih begitu banyak yang memandang Papua dari kacamata yang salah. Masih banyak yang mengatakan Papua adalah daerah tertinggal dan disana masih saja terjadi konflik dan kekerasan yang merugikan banyak pihak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN