Mohon tunggu...
Angela Modo
Angela Modo Mohon Tunggu...

You write with you heart, you edit with your brain. Too many ingredient ruin the story stew

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cegah Penyakit Ginjal dengan "Cerdik"

9 Maret 2018   11:04 Diperbarui: 9 Maret 2018   11:12 0 2 0 Mohon Tunggu...
Cegah Penyakit Ginjal dengan "Cerdik"
Ilustrasi ginjal manusia (Foto: Tirto.id)

Penyakit ginjal merupakan gangguan yang terjadi pada organ ginjal yang berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk. Aktor senior Advent Bangun, merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang meninggal akibat penyakit ginjal.

Dilansir dari CNNIndonesia data dari Indonesia Renal Registy (IRR) mengungkapkan penyebab terbesar penyakit ginjal adalah diabetes sebesar 52 persen, hipertensi 24 persen, kelainan bawaan 6 persen, dan asam urat serta lupus masing-masing 1 persen. Risiko penyakit ginjal akan semakin meningkat apabila memiliki riwayat keluarga penyakit ginjal, trauma di daerah abdomen, kelahiran prematur dan jenis penyakit tertentu misalnya lupus, AIDS dan hepatitis C.

Kementerian Kesehatan mengajak masyarakat untuk mencegah dan mengendalikan penyakit ginjal kronik dengan menerapkan perilaku CERDIK.

Cek kesehatan secara berkala. Karena hipertensi merupakan salah satu penyebab umum terjadinya penyakit ginjal, maka sangat perlu untuk mengecek tekanan darah secara berkala. Selain itu juga bisa melakukan tes urine dan eGFR (estimate-Gromerular Filtration Rate). Kita juga bisa mengetahui kondisi kesehatan ginjal dari warna urine yang kita keluarkan.

Enyahkan asap rokok.  Ternyata asap rokok sendiri dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, mempersempit pembuluh darah di ginjal serta mempercepat hilangnya fungsi ginjal. Karena itu sangat penting untuk menghindari asap rokok untuk menjaga kesehatan ginjal dan keseluruhan tubuh kita.

Rajin Olahraga. Olahraga memang sangat bermanfaat bagi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Zamhir sendiri menyarankan agar setiap orang rutin berolahraga 30 menit setiap hari sebanyak lima kali dalam seminggu.

Diet Seimbang. Pola diet yang sebaiknya dijalani adalah diet rendah protein dan beberapa mineral, seperti natrium, kalium, serta fosfat. Membatasi asupan cairan juga sangat penting agar cairan tidak menumpuk dalam tubuh.

Istriahat Cukup. Padatnya aktivitas bukan menjadi alasan untuk kita tidak beraktivitas. Terbukti dengan istirahat yang cukup, tubuh akan kembali segar dan bekerja maksimal sehingga terhindar dari penyakit.

Kelola Stres.Faktanya stres dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Maka dari itu, menghindari stres bisa menurunkan risiko terkena penyakit salah satunya penyakit ginjal kronik.

Bagaimana dengan Anda? Punya cara mencegah ginjal versi Anda?

KONTEN MENARIK LAINNYA
x