Mohon tunggu...
Angela Claudia
Angela Claudia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hello-!!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Resensi Buku Teori Komunikasi Individu hingga Massa

28 November 2020   21:02 Diperbarui: 28 November 2020   21:06 47 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi Buku Teori Komunikasi Individu hingga Massa
buku-5fc252ba8ede480d9476d4e2.jpg

A. IDENTITAS BUKU

  1. Judul Buku       : Teori Komunikasi Individu Hingga Massa
  2. Penulis              : Morissan
  3. Penerbit            : Prenadamedia Group
  4. Tahun terbit    : April 2018
  5. Cetakan             : Ke-4 (empat)
  6. Dimensi Buku : 15 x 23cm
  7. Tebal                   : 582 hlm
  8. ISBN                    : 978-602-9413-68-7

B. SINOPSIS TEORI KOMUNIKASI: INDIVIDU HINGGA MASSA

Buku ini memiliki 11 bab yang menyajikan berbagai topik mengenai ilmu komunikasi, mencakup berbagai teori komunikasi, mulai dari teori komunikasi individu, kelompok, organisasi maupun massa. 

Pada bab pertama dan kedua buku ini memberikan paparan mengenai dasar-dasar teori komunikasi baik dari sejarah perkembangan ilmu komunikasi, definisi, elemen-elemen komunikasi beserta contohnya dan penggolongan teori yang ada di ilmu komunikasi. Di bab selanjutnya yaitu bab ke-3 mulailah membahas teori dalam komunikasi, bab ini berisikan tentang komunikasi intrapersonal yang membahas bagaimana individu berkomunikasi dengan dirinya sendiri dan sudut pandang dari sejumlah teori lain mengenai hal ini seperti pada teori psikologi sosial. 

Dalam bab 4 masih membahas komunikasi intrapersonal namun lebih menekankan pada cara individu meyampaikan atau menginterpretasikan pesan. 

Pada bab 5 dan bab 6 membahas interaksi atau percakapan berdasarkan teori-teori yang ada, masalah dalam percakapan dari berbagai perspektif, pola-pola interaksi, kualitas suatu hubungan, empat tradisi yaitu sibernika, sosiopsikologi, sosiokultural dan fenomologi. Kemudian, di bab 7 berisikan tentang komunikasi kelompok seperti apa saja fungsinya, bagaimana cara menyelesaikan masalah dalam kelompok, teori-teori dalam komunikasi kelompok serta strukturasi kelompok. 

Berbeda dari bab sebelumnya, bab 8 membahas tentang komunikasi organisasi, bagaimana sudut pandang penggagasnya, teori-teori dalam komunikasi organisasi, struktur dan fungsinya. 

Bab 9 dengan tema media dan masyarakat yang didalamnya berisikan pendapat McLuhan mengenai media. Masih berhubungan dengan media, bab 10 menyajikan efek dari media lalu perkembangan dari komunikasi massa, teori yang berkaitan dengan komunikasi massa dan pesan media. Selanjutnya, bab terakhir dalam buku ini yaitu bab 11 membahas media dan budaya serta asumsi dari studi kultural.

C. KELEBIHAN BUKU

Menurut saya buku ini sangat membantu bagi para pembaca yang tertarik dengan ilmu komunikasi untuk mempelajari teori-teori dalam komunikasi karena isinya yang lengkap dan disertai contoh-contoh yang konkret terjadi di kehidupan sehari-hari di dalam setiap babnya.

D. KEKURANGAN BUKU

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x