Mohon tunggu...
angky dwinanda
angky dwinanda Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - female laughter

me as i'am

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ondel-ondelnya Lewat

22 September 2021   15:00 Diperbarui: 22 September 2021   15:02 41 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ondel-ondelnya Lewat
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Terlihat dari kejauhan, ada seorang atau sebenda yang tubuhnya besar sampai melebihi pagar rumah orang, dibalut dengan kain warna-warni, yang didominasi warna biru terang, bergerak lengak-lenggok, diiringi oleh irama musik dari sebuah kotak musik gerobak, menghampiri setiap rumah membawa sebuah ember kecil, dikecrek, lalu berucap misi mas, misi mba, sembari meminta sumbangan pada orang lewat maupun orang disetiap rumah.

Tersebutlah ondel -ondel namanya, ada beberapa anak kecil yang terlihat sangat ketakutan, dan berlari berhamburan kesana kemari, menghindarinya, namun ada juga yang terlihat berani, menghampirinya, dan ikut menari bersama serta bergerak acak, sekedar berjoget dengan irama lagu yang dibawakan, bahkan terlihat menyentuh boneka tersebut.

Sejenak, ondel-ondel terlihat seperti boneka, namun, boneka raksasa yang bergerak tersebut, menurut riwayat sejarah, ondel-ondel ini adalah sebuah budaya yang sudah ada dari jaman dahulu didaerah Jakarta, yang dulunya lebih dikenal dengan nama ondel-ondel Betawi, penampakan ondel-ondel dihiasi juga degan hiasan aksesoris berupa sebuah suntingan, yang berbentuk setengah lingkaran dengan banyak ornamen, dilapisi dengan kertas mengkilap yang dibuat rumbai.

Menurut mitos juga, ondel-ondel merupakan sebuah boneka mistis, karena membawa pesan misteri dalamnya, tetapi bagi sebagian orang, ondel-ondel ini lebih ditakuti lebih karena, perawakannya yang besar seperti monster,serta wajahnya yang tidak menyerupai manusia yang sudah dikenal pada umumnya, sehingga, banyak juga orang-orang dewasa yang takut akan kehadiran ondel-ondel ketika lewat, lalu langsung masuk kedalam rumah atau kedalam sebuah bangunan supaya tidak bertemu ondel-ondel tadi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan