Mohon tunggu...
angky dwinanda
angky dwinanda Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - female laughter

me as i'am

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Kapan Kamu ke Danau Toba?

20 September 2021   13:10 Diperbarui: 20 September 2021   13:15 78 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kapan Kamu ke Danau Toba?
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Jujur saja, daerah dikawasan sumatera itu yang pernah saya kunjungi baru sebatas sampai Sumatera Barat, tetapi, tahukah kamu, bahwa, sebagai suatu kepulauan yang terletak di Pulau Sumatera, ada juga daerah atasnya Sumatera Barat, yang diketahui sebagai daerah Sumatera Utara, yang juga terekspos sampai mancanegara, karena konon infonya dari sebuah artikel www.indonesia.travel, terdapat sarana wisata terkenal disebuah kawasan Wonderful Indonesia, yaitu Heritage of Toba, yang akan ada didaftar perjalanan wisata saya nantinya.

 Danau Toba merupakan keajaiban alam yang berada di Mice di Indonesia Aja, dan terletak diketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Danau Toba merupakan salah satu danau vulkanik di dunia, menurut informasi dari artikel, Danau Toba diperkirakan terbentuk dari letusan dahsyat sebuah gunung berapi, Gunung Toba, yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu. Dengan luas danau lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter,juga terdapat sebuah pulau yang berukuran cukup besar, yaitu Pulau Samosir. 

Bagaimana caranya untuk sampai ke Danau Toba? bisa ada dua cara, yaitu, melalui jalur udara, yang sudah tentu menggunakan sarana transportasi pesawat terbang, maupun melalui jalur darat yaitu menggunakan sarana kendaraan roda empat maupun bus. Dimana sarana transportasi darat saat ini, sudah berprogress maju, dengan adanya rencana pengembangan pembuatan  jalan tol sampai daerah Sumatera Utara, tetapi tetap memperhatikan peta tujuan pastinya yaa. Sedangkan untuk menyambangi pulau Samosir, bisa dilanjutkan dengan menaiki perahu penyebrangan yaitu kapal ferri, juga dengan mengecek jadwal penyebrangan dahulu.

Ada apa aja di DSP Toba, merunut pada artikel, banyak tempat-tempat menarik dikawasan Danau Toba, seperti museum Tomok dan museum Huta Bolon, yang menampilkan tampilan-tampilan ornamen yang terbuat dari kayu, dengan ciri ukir khas daerah Batak, bernama gorga yang diukir menjadi bagian dari bangunan museum. 

Juga terdapat boneka kayu seukuran manusia yang dinamai Sigale-gale. Boneka Sigale-gale ini terkenal karena kemistisan dan mitosnya, sesuai informasi, boneka ini biasanya digunakan untuk tarian didalam upacara kematian keluarga di daerah Pulau Samosir, karena masyarakat kawasan setempat percaya bahwa tarian Sigale-gale akan mengantarkan roh yang telah mati ke alam baka.

Satu hal pasti yang tidak boleh kamu lewatkan, ketika mengunjungi Danau Toba, adalah, berkeliling Danau Toba menggunakan perahu kayak, yang biasanya merupakan perahu yang terbuat dari kayu, terdapat tiga rute untuk berkeliling diDanau Toba ini, yaitu, rute pertama adalah Tongging sampai Silalahi sejauh 12 Km, lalu rute kedua adalah Tongging sampai Samosir sejauh 50 Km, dan rute ketiga adalah Lingkar Utara sejauh 175 Km.

Belum lengkap ya namanya, kalau berwisata tidak membawa oleh-oleh, nah, untuk Daerah Sumatera Utara, oleh-oleh yang ada dan unik ada disekitar kawasan tersebut adalah kain ulos, kain yang selain berfungsi sebagai pakaian, berfungsi juga untuk kepercayaan, sebagai simbol status sosial seseorang, dan kain ulos ini, sering dipakai sebagai perayaan penting bagi orang Batak, seperti perayaan kelahiran atau perayaan pernikahan. 

Ditemui juga oleh-oleh berupa souvenir yang bisa berbentuk gantungan kunci, tempat pensil, dan lain-lain, yang terbuat dari unsur ornamen kayu dengan ciri ukir khas daerah Batak. Dan jangan lupa.juga, oleh-oleh yang satu ini, kopi khas daerah Danau Toba, dengan dua jenis kopinya yang terkenal, yaitu kopi Lintong dan kopi Sidikalang. 

Segeralah membuat daftar perencanaan untuk mengunjungi Wonderful Indonesia, karena MICE di Indonesia Aja, juga seru kok, terutama untuk mengunjungi Heritage of Toba, juga, kamu akan mempunyai segudang cerita menarik setelah pulang dari DSP Toba, serta oleh-oleh  khas Toba yang akan menjadi kenangan, sampai kamu jadwalkan kembali kunjungan berikutnya ke Pulau Samosir dan Danau Toba.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan