Mohon tunggu...
angky dwinanda
angky dwinanda Mohon Tunggu... female laughter

me as i'am

Selanjutnya

Tutup

Digital

Memilih untuk Jadul

18 Januari 2021   12:08 Diperbarui: 18 Januari 2021   12:20 26 1 1 Mohon Tunggu...

Tahukah kamu, jaman serba canggih saat ini, menuntut kita semua untuk berpikir cepat dan bertindak cepat tanpa pengetahuan dasar yang kita punya, yang penting segala yang dibungkus dengan kecanggihan, terlihat wah. Dibalik jaman canggih itu, biaya sangatlah mahal, bayangkan saja, seperti sebuah aplikasi yang harus terus diupdate dan diupgrade, untuk bisa digunakan terus.

Casing itu ibarat teknologi, terus berubah dan berkembang, dan tidak begitu memperhatikan konten dari perangkatnya, yang penting canggih, siapa saja juga bisa kalau cuma casingnya doang yang canggih, sedangkan yang casingnya jadul, malah, menjadi pelopor kecanggihan, tetapi, mereka sendiri enggan menggunakan embel-embel kecanggihan tersebut, seperti salah satu tokoh terkenal dari Luar Negeri, pakar teknologi informasi, yang informasinya, hanya menggunakan perangkat telepon genggam jadul untuk berkomunikasi. 

Analisa sederhananya, semakin canggih semakin dibutuhkan SDM yang canggih juga, sedangkan SDM canggih hanya ada pada usia 20 (dua puluh tahun)an, kecepatan menciptakan teknologi canggih, dengan SDM yang ada yang itupun rata-rata tidak terpenuhi, karena sebagian besar, memang SDm yang ada itu jadul-jadul, dengan kemampuan yang tidak mumpuni, tidak seimbang mengejar kecepatan teknologi canggih, lalu, siapa yang mau merawat kecanggihan tadi tersebut? Robot? bisa sih, tapi berapa dan berkapasitas seperti apa, kemampuan untuk mendayakan robot?

Semakin canggih, semakin banyak aturan yang dibuat, karena semakin banyak error yang terjadi walaupun sistem telah bekerja maksimal, dan error telah diminimalisir, sampai kapanpun, walaupun cuma 0,000000000 sekian 1 (satu) persen. Yang ada, nanti malah ribut, tentang perangkat, akibat sistem error, bisa menyalah-nyalahkan sesama manusia.

Bukan juga, tanpa sistem yang canggih, manusia jadul ini bisa seenaknya juga, dengan memanipulasi dan mengambil hak yang lain. Tetapi, walau bagaimanapun, jadul (jaman dahulu) istilahnya, masih tetap eksis sampai kapanpun, makanya saya tetap memilih jadul., kalau kamu?

VIDEO PILIHAN