Mohon tunggu...
angky dwinanda
angky dwinanda Mohon Tunggu... female laugher

me as i'am

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mengenal Kata Transisi

5 Juni 2020   19:22 Diperbarui: 5 Juni 2020   19:20 7 0 0 Mohon Tunggu...

Tahukah kamu arti kata transisi? yaitu, lawan kata dari dua sisi, seperti yang kita ketahui bersama, dua sisi itu mutlak (baca artikel saya terkait), hanya ada satu kata dan lawan kata lainnya.

Jadi, misalnya kita mengenal kata baik, lawan katanya adalah jahat, bisakah muncul lagi kata terkait dari dua kata tersebut, menurut teori kemungkinan sih ada, namanya kata peralihan, atau diantara kata, trend disebut transisi. 

Bagaimana dengan tindakan, tindakan bagaimana yang dianggap sebagai transisi?  Biasanya tindakan tersebut, adalah tidak serta merta kepastian, dalam arti, masih dalam taraf keambiguan.

Kenapa dinamakan keambiguan? pertama, tindakan tersebut bisa dikategorikan salah namun masih ada unsur benarnya, tetapi belum tentu kebenaran, lalu, bisa menjadi dilema atau tidak? Sudah pasti iya, contohnya, ada seorang murid datang terlambat ke sekolah, lalu sang guru akan menegurnya dan menghukumnya, karena tidak disiplin dalam mematuhi peraturan sekolah, namun, karena ambang batas keterlambatan waktu kedatangan hanya rentang lima menit dari waktu yang telah ditentukan oleh sekolah, maka, murid pun diberi masa toleransi, dengan tetap bisa memasuki kelas untuk belajar, namun untuk sesi pelajaran berikutnya, itulah yang dinamakan juga transisi peraturan.

Terlihat setengah-setengah yaa, namun fakta itu ada dimana-mana, untuk semua bidang. Kalau saya sih, mending tidak setengah-setengah, jadi kalau memang telat masuk sekolah, yaa tidak usah masuk sekolah saja, memang kesalahan ada diindividu, dengan catatan, hal tersebut tidak terulang kembali. 

Slogannya jadi begini, kalau mau jangan setengah-setengah, kalau mau setengah-setengah jangan mau. Kalau belum tuntas, tuntaskan, kalau tidak mau tuntas, jangan dilakukan.

VIDEO PILIHAN