Mohon tunggu...
angky dwinanda
angky dwinanda Mohon Tunggu... female laughter

me as i'am

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Hoaks pun Pilihan

10 Maret 2020   11:20 Diperbarui: 10 Maret 2020   12:04 8 0 0 Mohon Tunggu...

Berita, informasi dan kabar wara-wiri silih berganti, mulai dari informasi resmi, informasi promosi, maupun informasi lainnya, sumber informasi bisa dari berbagai sumber, mulai dari media televisi, media radio, maupun media tulisan, semua informasi tersebut datang melalui topik yang lagi beredar pada saat itu, ada topik informasi yang menyeramkan, topik informasi yang menyenangkan, topik informasi yang mengesalkan, dan topik informasi lain-lain.

Bagaimana menyikapi topik-topik informasi tersebut? sederhana saja, tidak perlu berlebihan maupun tidak perlu ketakutan, semua topik informasi, perlu diamati dengan seksama, apabila topik informasi mensimulasikan kasus yang menyangkut diri kita, penyelesaiannya, hanya perlu melihat contoh tersebut. Namun, apabila topik informasi tersebut, tidak mensimulasikan kasus yang terjadi, kita hanya perlu mengamatinya, dan mencari tahu, untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi apabila kasusnya topik negatif.

Rata-rata, informasi dengan topik negatif, beredar, kita langsung mengkomentarinya dengan sebutan "hoax", sadarkah kamu ternyata bagi beberapa orang, hoax itu "bermanfaat", dan sebagai peringatan dini bagi yang terkait. Contoh umum, berita hoax itu muncul bisa sebagai topik random, maupun pola topik sebelum-sebelumnya ataupun menaggapi topik yang lagi hangat. Tidak perlu heboh, curiga, bahkan menjustifikasi suatu berita bahkan "hoax" sekalipun, Bukankah, menghebohkan dan mengkategorikan suatu berita "hoax" pun termasuk penyelewengan dalam arti, main hakim sendiri?.

Bagi pengkaji maupun editor yang terbiasa dengan berbagai jenis topik, dapat dengan mudah menentukan suatu topik itu "mitos (hoax)" atau "fakta". Dan terkadang topik mitos atau fakta, itu dapat dijadikan narasumber untuk sajian media,yang terkadang sebuah mitos bisa berubah menjadi fakta tanpa rekayasa, pada suatu saat. Apabila "hoax ternyata benar, lalu kamu bagaimana? opini saya sih, paling juga cuma terheran-heran doang, tapi bagi sebagian orang bahkan bagi penyebar "hoax", berita "hoax" dapat dijadikan kewaspadaan terhadap suatu topik, sudah mengerti kan?

VIDEO PILIHAN