Mohon tunggu...
angky dwinanda
angky dwinanda Mohon Tunggu... female laugher

me as i'am

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Gerak Cepat Perpindahan Ibu Kota Negara Indonesia

28 Agustus 2019   11:39 Diperbarui: 28 Agustus 2019   11:59 0 1 0 Mohon Tunggu...

Kabar Ibukota Negara Indonesia akan pindah, sudah santer terdengar sejagat raya, padahal nih, desas-desusnya sudah lama diinformasikan dalam selentingan topik diskusi maupun berita ditelevisi, hanya masalah daerah mananya pada saat diskusi tersebut yang masih belum terinformasikan, namun, setelah muncul sumber informasi resmi dari Pemerintah, maka seletingan dan desas-desus, kembali ramai diperbincangkan.

Dan ternyata, daerah tersebut adalah Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara di Provinsi Kalimantan Timur, memang, jarang terdengar diranah pengatahuan kita, dan umumnya kita hanya mengenal daerah yang sering terdengar tidak jauh dari daerah tersebut, yaitu, Balikpapan dan Samarinda. Kalau begitu, sesuai informasi yang pernah beredar lagi sebelumnya, ini bisa dinamakan Bedol Urban, terutama bagi para ASN (Aparatur Sipil Negara). Istilahnya dari daerah Pusat Perkotaan menuju Perdesaan Provinsi yang akan menjadi Pusat Perkotaan baru.

Banyak yang gamang akan informasi tersbeut, kekhawatiran dan kecemasan, namun banyak pula yang antusias dan semangat meyambut sukacita baru, dengan segala kemungkinan dan tantangan yang ada, semuanya sedang memeprsiapkan diri masing-masing, walaupun realisasinya mungkin masih yang akan datang, tentunya dengan persiapan yang matang, dan diiringi doa, akan meminimalisir maslah dikemudian hari yang akan timbul yang tidak sesuai perencanaan.

Memang terkesan ini adalah hal ambisius serta hampil mustahil, karena banyak contoh pada era-era sebelumnya, pemindahan ibukota itu tidak menimbulkan hasil apapun, namun, optimistis dan usaha tetap harus ditegakan bukan? banyak harapan baru yang muncl dengan adanya perpindahan Ibukota baru, karena diharapkan bisa menimbulkan solusi baru bahkan menyelesaikan masalah di tempat yang sebelumnya.

Soal teknis dan manajemen perpindahan Ibukota, mungkin sudah ada yang memikirkannya, kita sebagai warga negara, hendaknya, memenuhi ketetentuan yang sudah dibuat maupun yang akan dibuat. Karena memang tugas kita mejadi warga negara yang baik dan menjadi tugas Pemerintah menjalankan amanah dan tugas sebaik mungkin.

Semoga