Mohon tunggu...
andry natawijaya
andry natawijaya Mohon Tunggu... Konsultan - apa yang kutulis tetap tertulis..

good.morningandry@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pulih Bersama Pilihan

Wisata Alam Indonesia di Pentas G20

24 Juli 2022   15:24 Diperbarui: 24 Juli 2022   15:34 252 23 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: Indonesia Presidensi G20 (kabariku.com)

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih selama 2 jam dari kota Malang, akhirnya saya tiba di area Tumpak Sewu, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Rasa bosan yang mendera sepanjang perjalanan mendadak sirna, berganti dengan semangat terpacu adrenaline untuk mengeksplorasi air terjun nan menawan.

Tumpak Sewu merupakan salah satu area wisata alam di kawasan Jawa Timur yang masih dikelola secara swadaya oleh warga setempat, namun mengenai urusan kualitas keasrian serta pemandangan berikut lintasannya tak perlu diragukan. Bagi penggemar wisata alam, saya menilai tingkat kesulitannya berada di tingkat menengah atau sedang.

Ilustrasi: Pemandangan alam di Tumpak Sewu (dokumentasi pribadi)
Ilustrasi: Pemandangan alam di Tumpak Sewu (dokumentasi pribadi)

Dan sekali lagi, keberadaan Tumpak Sewu merupakan salah satu fakta bahwa Indonesia tanah air tercinta memiliki modal sangat kuat di bidang wisata alam. Di Jawa Timur sendiri, keberadaan wisata alam sangat mudah ditemui, mulai dari pegunungan, pantai atau air terjun, semuanya ada. Belum lagi jika kita bicara di daerah lain.

Efek Presidensi G20 Bagi Pariwisata dan Ekonomi Indonesia

Rasanya jika bertanya mengenai sumbangsih sektor pariwisata terhadap perekonomian nasional, mungkin hampir semua pihak akan mengiyakan jika kontribusinya cukup signifikan. Gara-gara pandemi Covid-19 di tahun 2020, kontribusi pariwisata terhadap PDB sempat merosot 4,05% dari 4,7% di tahun 2019.

Tetapi jika bercermin pada estimasi ketika kondisi mulai berangsur membaik, di tahun 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1,8 hingga 3,6 juta jiwa dengan nilai devisa Rp 6,7 triliun sampai Rp 24,31 triliun.

Ilustrasi: Pariwisata alam Indonesia (dokumentasi pribadi)
Ilustrasi: Pariwisata alam Indonesia (dokumentasi pribadi)

Sesungguhnya target tersebut dapat dipandang dalam perspektif optimis, apalagi di tahun 2022 ini Indonesia mendapat kehormatan selaku Presidensi G20. Posisi ini sangat strategis guna menyokong sektor pariwisata khususnya wisata alam sekaligus mewujudkan cita-cita Indonesia Maju melalui Investasi Hijau, dengan pembangunan dan promosi wisata alam Indonesia di tingkat global.

Patut disadari jika Presidensi G20 akan sangat berdampak terhadap ekonomi Indonesia, alasan sederhananya adalah dari berbagai perhelatan acara yang diselenggarakan sudah membuktikan mendongkrak perekonomian daerah penyelenggara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pulih Bersama Selengkapnya
Lihat Pulih Bersama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan