Mohon tunggu...
andry natawijaya
andry natawijaya Mohon Tunggu... Konsultan - apa yang kutulis tetap tertulis..

good.morningandry@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Brand Ambassador: Antara Reputasi, Produk, dan Bisnis

22 Mei 2020   20:22 Diperbarui: 23 Mei 2020   08:58 593
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Nike Official / nike.com

Alkisah dalam legenda Yunani, Medusa adalah seorang wanita cantik sebelum dikutuk oleh Athena menjadi mahluk berambut ular. Kecantikannya memikat Poseidon sang Dewa Laut. 

Kisah berlanjut akibat kejadian tersebut Medusa harus menanggung kutuk karena dianggap menyeretnya kepada perbuatan tabu. Daya tarik Medusa dikisahkan sangat terkenal bahkan membuat mahluk dewata seperti Poseidon turut menaruh perhatian.

Tak dapat dipungkiri jika daya tarik merupakan suatu nilai tambah yang dimiliki seseorang, banyak faktor membuat seseorang memiliki daya tarik. Bisa karena penampilan fisik seperti kecantikan wanita, kecerdasan ataupun kemampuan khusus yang membedakan dari orang lain.

Beberapa hari ini jagat maya di Indonesia tengah ramai membahas sosok seorang wanita setengah baya, karena penampilannya di akun media sosial, sosok tersebut mendadak populer dan menjadi sorotan publik, padahal sebelumnya nihil publikasi media mengenai dirinya.

Wanita tersebut mengaku memperoleh banyak direct message, sekadar menyapa atau menawarkan jasa endorsement. Wajar, namanya yang tengah viral ikut menarik pihak tertentu dan berminat untuk menjadikannya sebagai media promosi produk atau jasa.

Ilustrasi: buzzpromotions.com
Ilustrasi: buzzpromotions.com
Dalam strategi bisnis, promosi merupakan upaya dari produsen mendekatkan produknya kepada publik. Berbagai metode komunikasi dapat digunakan, salah satunya adalah menggunakan jasa brand ambassador sebagai figur untuk melakukan endorsement.

Dan melalui maraknya media sosial di era digital seperti saat ini, cara tersebut sangat mudah ditemui, bahkan banyak para influencer dadakan secara asal-asalan juga turut menawarkan jasa endorsement ini.

Namun menjadi brand ambassador profesional bukan perkara mudah, modal terkenal dan memiliki daya tarik tidak dapat begitu saja menjadi brand ambassador, di sisi lain perusahaan selaku pemilik merek sangat mempertimbangkan layak tidaknya menggunakan brand ambassador bagi produk unggulannya.

Apa Itu Brand Ambassador? Apa Itu Endorsement?
Jasa brand ambassador digunakan oleh perusahaan untuk mendorong dan menghadirkan suatu produk dengan tujuan agar masyarakat dapat membeli serta menjadi konsumen loyal.

Figur yang dipilih pun latar belakangnya beragam profesi bisa bintang film, atlet maupun tenaga profesional tertentu yang dinilai memenuhi kriteria melakukan endorsement produk.

Menurut Lea Greenwood, brand ambassador adalah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan dan berhubungan dengan publik, dengan harapan mereka dapat meningkatkan penjualan.

Orientasi dari keberadaan para brand ambassador adalah penjualan dan tentunya laba perusahaan. Figur yang ditunjuk memiliki popularitas, dikenal para penggemar yang dapat dijadikan sebagai pangsa pasar potensial terkait produk dukungannya.

Ilustrasi: hiendguitar.com
Ilustrasi: hiendguitar.com
Sedangkan pengertian dari endorsement adalah bentuk iklan yang menggunakan kepribadian atau selebritas terkenal yang menuntut pengakuan, rasa hormat, atau kesadaran tinggi di antara orang-orang atau target konsumen.

Brand ambassador secara otomatis memiliki fungsi melakukan endorsement produk dan jasa kepada khalayak umum. Semua dilakukan dalam ruang lingkup kepentingan bisnis dan persaingan pasar memperebutkan keputusan konsumen menggunakan suatu produk atau jasa.

Strategi Menentukan Brand Ambassador
Legenda NBA, Michael Jordan menyepakati nilai kontrak sebesar $ 2 Triliun dengan Nike, nilai kontrak terbesar dalam sejarah endorsement produk olahraga. Nike menjadi penyumbang mayoritas pundi kekayaan Michael Jordan, sebaliknya Nike pun menikmati keuntungan besar dari produk hasil kerja promosi Michael Jordan.

Michale Jordan sudah lama menjabat sebagai salah satu brand ambassador Nike, kerja sama tersebut terus berlanjut karena hasilnya sudah terbukti menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Walaupun Nike juga memiliki brand ambassador lain terkenal lain seperti Cristiano Ronaldo atau Tiger Woods, namun sosok Michael Jordan dengan trade mark Air Jordan kadung menjelma sebagai produk unggulan dan premium dari Nike.

Ilustrasi: amazon.com
Ilustrasi: amazon.com
Menentukan figur menjadi brand ambassador membutuhkan pertimbangan serta kriteria dengan mewakili nilai, karakter juga kepentingan produk. Reputasi dan prestasi brand ambassador menjadi nilai jual supaya bisa menarik perhatian publik sekaligus alat pemasaran produk merebut pasar lebih luas.

Promosi melalui brand ambassador dapat dilakukan dalam rentang waktu jangka pendek atau jangka panjang, tergantung dari kepentingan pemasaran. 

Untuk sekadar menarik perhatian publik, memanfaatkan kepopuleran publik figur yang sedang viral bisa saja dilakukan, tetapi perlu diingat strategi semacam ini hanya dapat dilakukan dalam waktu singkat, mengikuti masa pasang surut ketenaran figur terkait.

Dalam strategi waktu jangka panjang, brand ambassador dapat dikategorikan sebagai media promosi ataupun iklan yang dihidupkan tampil secara nyata di tengah masyarakat. Maka pemilihan brand ambassador secara jangka panjang harus melalui pertimbangan matang. Dibutuhkan kesesuaian antara visi dan misi produk dengan skenario pencitraan dari brand ambassador.

Product knowledge. Seorang brand ambassador tidak cukup hanya memajang fotonya sambil memegang produk dan berkata-kata secukupnya. 

Hal tersebut hanya dilakukan oleh influencer amatiran. Brand ambassador harus diberikan sosialiasi secara mendalam mengenai nilai, karakteristik dan keunggulan produk yang didukungnya. Kemudian brand ambassador lah yang memainkan fungsi interaksi publik secara langsung.

Ilustrasi: thefashionspot.com
Ilustrasi: thefashionspot.com
Kemampuan interaksi publik. Hal ini penting karena brand ambassador menjadi lini terdepan kampanye promosi produk, sehingga dibutuhkan kemampuan berkomunikasi terkait dirinya sebagai figur publik mewakili produk di tengah masyarakat luas. 

Sikap dan berbagai kegiatannya senantiasa harus selalu menggambarkan sebagai sosok layak untuk menyandang nama besar dari merek produk yang sudah membayarnya. Penampilan dan reputasi merupakan hal penting tetapi perlu diiringi juga dengan inovasi, sehingga brand ambassador juga tetap dituntut meningkatkan kemampuannya, itulah sikap profesional.

Komunikasi yang baik dan efektif, menyampaikan nilai dan keunggulan dari produk oleh brand ambassador dapat menentukan keputusan dari konsumen sehingga akhirnya menggunakan produk bahkan membelinya secara berkesinambungan. 

Cara semacam itu menciptakan pencitraan dari produk melalui brand ambassador lalu membentuk persepsi dalam benak konsumen sehingga konsumen diyakinkan bahwa produk tersebut memang layak dibeli.

Kredibilitas brand ambassador. Ini menyangkut reputasi produk, sangat penting. Figur dengan reputasi buruk tidak mungkin ditunjuk sebagai brand ambassador. 

Perusahaan manapun tidak menginginkan mereknya memiliki stigma negatif di masyarakat, karena hanya akan merusak nilai jual. Jadi sedapat mungkin brand ambassador terpilih merupakan sosok memiliki kemampuan dan reputasi baik sesuai dengan kepentingan perusahaan dalam memasarkan produk.

Sosok brand ambassador profesional juga memiliki kemampuan dalam mengikuti perkembangan tren, sehingga produk yang dipromosikan olehnya senantiasa dapat disesuaikan dengan perubahanselera pasar. 

Kemampuan ini tidak semata terbatas dari aspek penampilan namun juga dari aspek teknologi, prestasi dan juga analisis. Agar apa yang ditawarkannya selalu searah dengan dinamika peta persaingan produk. Singkatnya tidak basi atau tertinggal.

Ilustrasi: beautypackaging.com
Ilustrasi: beautypackaging.com
Brand ambassador yang tampil sedemikian memikat memang tidak muncul begitu saja, pasti ada peran dari perusahaan dalam menentukan kesepakatan skenario pencitraan sehingga rencana promosi dapat berjalan secara optimal. Metode ini melibatkan tim dan membutuhkan biaya produksi tersendiri.

Makanya keberhasilan strategi pemasaran melalui brand ambassador senantiasa berasal dari proses panjang, terukur dengan perencanaan matang. Tidak hanya sekadar menggunakan gaya influencer asal-asalan cukup bermodalkan banyak follower.

Tingkat pendidikan dari brand ambassador juga dapat menunjang daya jual lebih baik dalam menawarkan produk. Berkaca dari produk air minum Le Minerale yang memilih Reisa Broto Asmoro sebagai brand ambassador. 

Reisa Broto Asmoro sendiri merupakan seorang dokter sekaligus model. Terlepas prestasi sebagai dokter atau model yang lebih dominan, intinya gelar sebagai dokter dapat menunjang berbicara dan meyakinkan publik mengenai hubungan air minum dan kesehatan. Sebuah keputusan jeli dari Le Minerale.

Blunder Brand Ambassador
Tidak semuan skenario berjalan lancar, ada saja kasus yang membuat hubungan kerjasama produk dan brand ambassador berakhir. Hal itu dapat terjadi karena kelalaian kedua belah pihak atau insiden yang tidak disengaja.

Kasus Maria Sharapova adalah sebuah kejadian yang disayangkan banyak pihak. Penggunaan Mildronate dari obat sebagai pencegahan terhadap riwayat diabetes di keluarganya ternyata berujung vonis larangan tampil di berbagai kejuaraan tenis. Akibat kasus tersebut kontraknya dengan beberapa produk diputus, dan Maria Sharapova mengalami kerugian mencapai Rp 18 Triliun.

Ilustrasi: whowhatwear.com
Ilustrasi: whowhatwear.com
Dalam beberapa kasus ada juga brand ambassador yang lalai dalam menjalin kerjasama. Karena faktor kurangnya kompetensi dan ketidaktahuan produk serta regulasi, beberapa figur publik pernah berurusan dengan ranah hukum karena disinyalir terlibat penggelapan, penipuan atau tindak kejahatan lain. Padahal semua itu dilakukan oleh brand ambassador tanpa mengetahui legalitas dan produk macam apa yang didukungnya. Ternyata menjadi brand ambassador juga perlu kecerdasan.

***
Jackie Chan selaku aktor laga internasional pernah berkata, "Setelah bertahun-tahun di Asia, saya tidak harus melakukan promosi lagi. Kami baru menayangkan film Jackie Chan dan -- Boom! -- orang-orang pergi menonton."

Nama besar Jackie Chan adalah garansi dari kualitas dirinya dalam berakting di bebagai film. Perannya senantiasa dinanti oleh banyak penonton. 

Jackie Chan sudah menjadi merek sekaligus brand ambassador untuk film Asia. Walaupun perjalanan hidupnya tidaklah sempurna. Skandal dan masalah rumah tangga menjadi kisah tidak menyenangkan dalam perjalanan karirnya.

Sesuatu yang terlihat sempurna, sesungguhnya tidaklah sempurna, tidak ada yang sempurna di dunia ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun