Mohon tunggu...
andry natawijaya
andry natawijaya Mohon Tunggu... apa yang kutulis tetap tertulis..

yang enteng-enteng aja...

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Cara Cerdas Menjaga Indonesia dari Ancaman Covid-19

28 April 2020   07:00 Diperbarui: 28 April 2020   07:18 111 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Cerdas Menjaga Indonesia dari Ancaman Covid-19
Ilustrasi: Dokumentasi Pribadi

“Berat nih bang, dari pagi baru bisa jalan 3 kali. Sejak musim Corona, penghasilan jadi makin enggak tentu,” seru Bang Akyun yang sehari-hari menjalani pekerjaan sebagai pengemudi ojek on line di kawasan Bogor Tengah, Kota Bogor. Penghasilannya sedang menghadapi  masa suram.

Kisah serupa juga dialami oleh Emak Imok, seorang pedagang makanan di sekitar Pasar Anyar, Kota Bogor. Biasanya jam makan siang merupakan waktu paling sibuk di warung Emak Imok, maklum kebanyakan pelanggannya adalah masyarakat di sekitar tempat Emak Imok berdagang.

“Sejak ada himbauan jaga jarak antar warga, warung saya jadi sepi. Bingung juga, mana sebentar lagi mau lebaran,” komentar Emak Imok. Dan patut diakui bahwa kondisi warung nasinya itu berimbas kepada merosotnya pendapatan Emak Imok.

Contoh lain yang saya temui adalah seorang petugas kebersihan di sebuah sekolah swasta bernama Cuhaya, karena adanya kebijakan belajar dari rumah, maka kegiatan belajar mengajar di sekolah otomatis terhenti. Hal tersebut akhirnya merembet kepada kebijakan pengelola sekolah untuk ikut meliburkan sebagian petugas kebersihan, dan salah satunya adalah Cuhaya.

“Kondisinya enggak jelas, ikut libur tapi penghasilan dipotong, mau nambah penghasilan jualan kopi keliling takutnya dicegat Satpol PP atau nanti malah kena virus,” seperti itu ungkapan yang disampaikan Cuhaya.

Pandemi COVID -19 dan Ancaman Krisis Ekonomi Yang Dihadapi Indonesia

Pengalaman krisis ekonomi di tahun 1998 memberikan gambaran jika krisis ekonomi berkaitan dengan sistem keuangan di suatu negara serta mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. Dan harus diwaspadai agar pengalaman tahun 1998 tidak lagi terulang.

Definisi sistem keuangan adalah suatu sistem yang terdiri atas lembaga keuangan, pasar keuangan, infrastruktur keuangan, serta perusaahaan non keuangan dan rumah tangga, yang saling berinteraksi dalam pendanaan dan/atau penyediaan pembiayaan pertumbuhan perekonomian.

Kesejahteraan dan  daya beli masyarakat sangat berpengaruh terhadap sistem keuangan dan perekonomian negara, karena dari penghasilan yang dimilikinya, masyarakat akan membeli kebutuhannya, industri bertumbuh, pasar keuangan berjalan,dan tentunya ekonomi berkembang sesuai ekspektasi. Siklus ini berkaitan dan berjalan sebagai suatu kesatuan yang utuh. Kondisi ekonomi mikro yang kuat akan menopang stabilitas sistem keuangan dan makroprudensial aman terjaga.

Ilustrasi: id.investing.com
Ilustrasi: id.investing.com
Dampak pandemi COVID-19 adalah kondisi ekonomi serta sosial masyarakat terseret pada situasi sulit. Baik Bang Akyun, Emak Imok juga Cuhaya merupakan contoh nyata masyarakat yang memperoleh penghasilannya dari sektor informal dan bersifat harian, saya menyadari banyak masyarakat lain menghadapi situasi serupa. Ketidakpastian yang dirasakan masyarakat di Indonesia sebetulnya dialami juga oleh masyarakat di negara lain.

Demi mencegah dan menghentikan penyebaran COVID-19, pergerakan manusia dibatasi, namun berdampak pada penurunan ekonomi, karena begitu banyak sektor usaha kehilangan pendapatannya. Terjadinya kemandekan ekonomi di suatu negara dapat memicu krisis ekonomi, dan hal ini semakin diperparah jika banyaknya masyarakat tidak lagi  berpenghasilan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN