Mohon tunggu...
andry natawijaya
andry natawijaya Mohon Tunggu... apa yang kutulis tetap tertulis..

yang enteng-enteng aja...

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Mengenal "Everyday Bank", Transaksi Keuangan Berbasis Kecerdasan Buatan

4 November 2019   16:29 Diperbarui: 5 November 2019   05:26 0 4 2 Mohon Tunggu...
Mengenal "Everyday Bank", Transaksi Keuangan Berbasis Kecerdasan Buatan
Penggunaan AI untuk menganalisis konsumen kini disebut everyday bank| Sumber: Shutterstock

Kamulan Bhumisambhara atau Candi Borobudur merupakan salah satu situs sejarah di Indonesia, keberadaannya menjadi bukti jika nenek moyang bangsa Indonesia di zaman nusantara telah mengenal kecanggihan teknologi rancang bangun di masa silam. 

Diperkirakan pembangunan Candi Borobudur membutuhkan waktu sekitar 75 sampai 100 tahun, selesai ketika raja Samaratungga bertahta di Mataram kuno tahun 825 Masehi. 

Namun keberadaan Candi Borobudur menjadi misteri karena sempat dilupakan selama berabad-abad, penyebab utama hilangnya peradaban di sekitar Candi Borobudur belum diketahui secara pasti. 

Walaupun pada bagian candi terdapat banyak relief yang menggambarkan perilaku dan gaya hidup peradaban umat manusia, termasuk di zaman itu.

Di era teknologi digital, perilaku dan gaya hidup masyarakat tidak lagi digambarkan pada relief namun terekam dalam jejak digital. 

Berkat kemajuan teknologi setiap aktivitas masyarakat saling terhubung dalam satu jaringan melalui internet. Dengan demikian masyarakat telah memasuki zaman digital, tren industri sudah mengandalkan analisis data atau big data, revolusi industri 4.0.

Salah satu fenomena dalam era 4.0 adalah penggunaan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan untuk menganalisis tren melalui rumus algoritma, sehingga dapat memberikan rekomendasi secara akurat kepada penggunanya dalam menentukan keputusan. 

Hal tersebut ditemui dalam dunia bisnis dan keuangan.

Ilustrasi: creditcardscanada.ca
Ilustrasi: creditcardscanada.ca

Hal yang dianalisis oleh AI adalah tren perilaku konsumen. Alasan, pertimbangan serta kebiasaan dan faktor penentu konsumen dalam melakukan kegiatan rutin berikut siklus konsumsi barang dan jasa. 

Menurut Leon G Schiffman dan Lazar Leslie Kanuk, perilaku konsumen adalah suatu proses yang dilalui oleh seorang konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi serta bertindak pada konsumsi barang dan jasa, maupun ide yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan orang tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x