Mohon tunggu...
Andry Ardian
Andry Ardian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ingin jadi sukses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pedagang Kaki Lima Terkena Dampak Adanya PPKM

23 Juli 2021   22:24 Diperbarui: 23 Juli 2021   23:17 706
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintah memberlakukan PPKM untuk mengatasi penyebaran covid-19 yang semakin meluas, pemberlakuan PPKM ini berdampak dengan kegiatan masyarakat yang ingin keluar rumah. Namun pemerintah memberlakukan adanya PPKM ini untuk mengindari bertambahnya kasus covid-19, dengan adanya di berlakukannya PPKM ada yang terkena dampak dengan adanya PPKM ini, pedagang -- pedagang kecil juga terkena dampak dengan adanya PPKM ini, Lalu pemerintah memperpanjang PPKM sampai tanggal (25/07/2021)

Pedagang -- pedagang yang berada di Kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini juga habis terkena terkena dampak dengan adanya PPKM, pedagang yang berjualan di sekitar pasar minggu sepi, namun pedagang di sekitar pasar minggu ini masih tetap berjualan tetapi mereka menerapkan protokol Kesehatan selama adanya PPKM. 

Pedagang perabotan ini panggil aja Pak Jono (45), dia berjualan dari Pagi sampai dengan Sore Namun dagangannya masih sepi. Walaupun begitu masih ada yang membelinya dagangnya, dia juga sangat bersyukur ada yang membeli dagangannya, walaupun lagi keadaan seperti ini.  

"Hari Ini jualan seperti biasa bukanya dari pagi terus tutupnya pada sore hari, alhamdulillah masih ada yang membeli dagangan saya, walaupun keadaan nya seperti ini adanya PPKM, namun saya merasa bersyukur ada yang membelinya" Jawab Pak Jono saat di wawancarai Di Kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Hari (22/07/2021)

Walaupun begitu Pak Jono juga terkena dampak akibat adanya PPKM, saya tetap berjualan untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya, saya juga harus buat sekolah anak saya. Walaupun lagi keadaan PPKM saat ini, jadi saya masih tetap berjualan untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya.

"ya saya masih tetap berjualan walaupun lagi adanya PPKM, buat nafkahi keluarga saya yang berada di rumah dan juga buat anak saya yang lagi sekolah jadi saya tetap berjualan seperti biasa saja," Jawabnya

Selama pemberlakuannya PPKM, pak jono masih tetap berjualan di tempat seperti biasa yang ia tempatin, selama masa adanya PPKM pak jono berjualan tidak berpindah ke suatu tempat, melainkan ia masih menempati tempat jualan yang biasa dia berjualan di depan toko Ananda di Kawasan pasar minggu.

"Saya kalo berjualan, tidak berpindah tempat ke mana mana, saya masih menempati tempat jualan saya di depan Toko Ananda, saya sebelum adanya PPKM juga masih berjualan di tempat ini, dan tidak berpindah kemana -- mana" Ujarnya

Terkadang kalo berjualan seperti biasanya ada yang bisa menemani seperti dari anak,istri, tetapi pak jono ini berjualan sendiri saja. Dia juga tidak di bantu oleh keluarga nya Ketika berjualan, namun dia melakukan sendiri Ketika berjualan.

"kalo berjualan Saya emang hanya sendiri aja, tidak di bantu oleh siapa pun. Istri dan anak saya di rumah." Tutupnya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun