Mohon tunggu...
Andromedia
Andromedia Mohon Tunggu... Digital Transformation Industry 4.0 and System Information

Digital Transformation Industry 4.0 and System Information

Selanjutnya

Tutup

Digital

Plansys - Inovasi dan Kreativitas

12 Juni 2019   16:59 Diperbarui: 12 Juni 2019   17:19 0 1 0 Mohon Tunggu...
Plansys - Inovasi dan Kreativitas
Image by Gerd Altmann from Pixabay 

Revolusi industri ke 4 menggantikan tidak efisisiensinya bisnis tradisional dengan teknologi disruptif seperti IoT, cloud computing dan big data. Gelombang digital ini membawa dampak ke semua sektor ekonomi dan merevolusi manufaktur, rantai pasokan, distribusi dan retail.

Dheeraj Sharma (Direktur IIM-Rohtak)

Capability Issues

Perkembangan industri 4.0 saat ini mendorong perusahaan untuk terus berinovasi. Di Indonesia, isu tersebut menjadi tren tetapi masih banyak perusahaan yang belum siap. Kebanyakan masih berusaha untuk mengganti proses bisnis dari manual ke digital, menyederhanakan dan mengotomasi proses bisnis (karakter industri 3.0).

Ketidakmampuan perusahaan non-IT untuk mengerjakan proses tersebut secara internal membuat mereka menggunakan perusahaan outsourcing (software house) untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Di lain pihak, perusahaan software house (yang memberikan layanan pembuatan software) mempunyai kendala pada penguasaan domain proses bisnis. Penguasaan proses bisnis menjadi penting untuk bisa menghasilkan aplikasi yang sesuai dan memberikan manfaat bagi perusahaan.

Disisi lain perusahaan software (dan semua bisnis di bidang jasa) menghadapi tantangan terkait kelangsungan pendapatan usaha untuk menanggung beban operasional. Tidak berarti mereka tidak memahami pentingnya product base solution untuk meningkatkan pendapatan usaha, tetapi membuat product base solution tidaklah mudah.

* * *

Plansys---Otomasi Pengembangan Software yang Inovatif

Untuk menjawab gap antara kebutuhan industri dan kemampuan software house dalam menawarkan solusi yang tepat, Andromedia, di tahun 2014, mulai mengembangkan Plansys, yaitu sebuah tools dalam pengembangan software yang inovatif.

Andromedia memiliki pengalaman panjang dan mendalam dalam proses pengembangan solusi dengan masalah yang berbeda-beda dari klien, khususnya perusahaan nasional dan multinasional. 3 fitur utama disematkan pada Plansys untuk mempercepat dan mempermudah pengembangan aplikasi, yaitu:

1. Drag and Drop Form Builder

Setiap UI component dalam Plansys dengan mudah bisa dimasukkan kedalam fitur dengan Drag and Drop saja. Hal ini akan mempermudah programmer untuk bekerja secara nyata untuk bisa bekerja melakukan koding, di saat yang sama designer aplikasi bisa mempercantik halaman yang ada sehingga sebagian besar pekerjaan pengEmbangan aplikasi bisa dilakukan secara paralel.

dok. pribadi
dok. pribadi

2. CRUD Generator

Plansys didesain untuk bisa men-generate kode yang berhubungan dengan Create, Read, Update and Destroy. Hal ini bisa mempersingkat pekerjaan programmer dalam melakukan pengkodean yang berkaitan dengan pengolahan data. Penambahan ataupun pengeditan kode bisa dilakukan tanpa harus melakukan generate ulang. Dengan kemampuan ini maka programmer bisa fokus bekerja dalam menyelesaikan proses bisnis yang dibutuhkan. Selain itu Plansys dibekali dengan kemampuan didalam form-nya untuk melakukan Search (pencarian data), Sort (pengurutan) dan kemampuan Paging dalam memanipulasi data yang diolah.

dok. pribadi
dok. pribadi

Dengan puluhan portofolio di perusahaan BUMN dan swasta nasional, maka penggunaaan Plansys dalam pengembangan aplikasi secara rata-rata mempersingkat waktu hampir 50% lebih cepat dan memperkecil jumlah programmer yang terlibat.

Plansys bisa memberikan waktu yang lebih longgar kepada tim pengembangan untuk memahami dan mengeksekusi kebutuham proses bisnis dengan lebih tepat dan akurat.

3. Powerful Data Source

Plansys saat ini bisa bekerja dengan baik dengan beragam Data Source baik berupa Database maupun API. Untuk Database sendiri saat ini Plansys bisa bekerja dengan MySQL, Oracle dan Postgresql. Dengan kemampuan ini maka programmer bisa bekerja dengan berbagai platform database yang banyak digunakan oleh perusahaan klien.

Selain beberapa fitur utama tadi masih ada beberapa kemampuan menarik lainnya, yaitu:

dok. pribadi
dok. pribadi
  • Built-In User dan Role Management
    Fitur untuk mengelola User yang memakai aplilkasi. Juga dilengkapi dengan User Tracking yang membantu dalam proses audit Sistem Informasi.

  • Background Processing (Services)
    Kemampuan untuk melakukan proses secara Background sembari disaat yang sama user bisa melakukan aktivitas lainnya dalam menjalankan aplikasi.

  • LDAP Connection
    LDAP (Lightweight Directory Access) adalah adalah protokol perangkat lunak untuk memungkinkan semua orang mencari resource organisasi, perorangan dan lainnya di dalam jaringan (internet atau intranet). Protokol LDAP membentuk sebuah direktori yang berisi hierarki pohonyang memiliki cabang, mulai dari negara (countries), organisasi, departemen sampai dengan perorangan.

    Dengan menggunakan LDAP, seseorang dapat mencari informasi mengenai orang lain tanpa mengetahui lokasi orang yang akan dicari itu. Tentu saja ini sangat membantu dalam pengembangan perangkat lunak dimana Protocol LDAP ini sudah banyak diterapkan pada perusahaan secara umum, sehingga bisa memaksimalkan keberadaan LDAP yang telah ada sehingga selaras dengan organisasi IT yang ada di perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2