Mohon tunggu...
Andriyanto
Andriyanto Mohon Tunggu... Lainnya - Jika kamu tak menemukan buku yang kamu cari di rak, maka tulislah sendiri.

- Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh - Rasa bahagia dan tak bahagia bukan berasal dari apa yang kamu miliki, bukan pula berasal dari siapa dirimu, atau apa yang kamu kerjakan. Bahagia dan tak bahagia berasal dari pikiran kamu sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Jantung Buatan dari Daun Bayam: Inovasi Terkini dalam Dunia Kedokteran

31 Mei 2024   07:00 Diperbarui: 31 Mei 2024   07:16 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Scientists Have Turned Spinach Into Beating Human Heart Tissue : ScienceAlert (www.sciencealert.com)

Dalam dunia medis, penemuan dan inovasi terus berkembang untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Salah satu terobosan terbaru yang menarik perhatian adalah jantung buatan dari daun bayam. Tim ilmuwan dari Worcester Polytechnic Institute, University of Wisconsin-Madison, dan Arkansas State University-Jonesboro telah berhasil menciptakan jantung buatan yang menggunakan daun bayam sebagai kerangka. Mengapa daun bayam dipilih dan bagaimana proses pembuatannya? Apakah potensi dan tantangannya? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menggali lebih dalam tentang penemuan ini yang menjanjikan harapan baru bagi pasien yang membutuhkan transplantasi jantung. Mari kita telusuri lebih lanjut dan pahami bagaimana daun bayam yang sederhana bisa menjadi kunci dalam menciptakan jantung buatan yang revolusioner.

 

Mengapa Daun Bayam?

Daun bayam mungkin terdengar tidak biasa sebagai bahan dasar untuk jantung buatan. Namun, ada alasan ilmiah yang kuat di balik pilihan ini.

Struktur Vaskular

Daun bayam memiliki jaringan vaskular yang sangat mirip dengan jaringan pembuluh darah manusia. Vena pada daun bayam berfungsi mengangkut air dan nutrisi ke seluruh bagian daun, mirip dengan bagaimana pembuluh darah membawa darah ke seluruh tubuh kita. Struktur vaskular ini memberikan fondasi alami dan ideal untuk membangun jaringan vaskular manusia. Dengan menggunakan daun bayam, para ilmuwan dapat memanfaatkan struktur yang sudah ada untuk menciptakan jaringan jantung yang berfungsi dengan baik.

Selulosa yang Aman

Setelah sel-sel tumbuhan dihilangkan dari daun bayam, yang tersisa adalah kerangka daun yang terbuat dari selulosa. Selulosa adalah substansi alami yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia, sehingga aman digunakan dalam aplikasi medis. Selain itu, selulosa merupakan bahan yang kuat dan fleksibel, yang memungkinkan pembentukan struktur jantung yang stabil dan fungsional. Dengan kerangka selulosa ini, sel-sel manusia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, membentuk jaringan yang diperlukan untuk membuat jantung buatan.

Dengan struktur vaskular yang alami dan selulosa yang aman, daun bayam menawarkan solusi inovatif dan efektif untuk menciptakan jantung buatan yang dapat membantu banyak orang yang membutuhkan transplantasi jantung.

Proses Pembuatan Jantung Buatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun