Mohon tunggu...
Andri Samudra Siahaan
Andri Samudra Siahaan Mohon Tunggu... Petani - Menulis salah satu metode perjuangan.

Petani dan Peternak, Alumni Teknologi Hasil Pertanian andrishn85@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Trip

ToRS V Youth Earth Society Bagian I

1 Mei 2021   19:17 Diperbarui: 3 Mei 2021   15:17 443
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ToRS V ( Sumber Youth Earth Society)

Sudah lama memang saya tergabung dalam  komunitas Bumi, Pertamakali saya tergabung dengan Youth Earth Society memang diajak oleh seorang sahabat bernama Bima yang merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi yang saat itu kebetulan bergabung dengan Organisasi Imperativ USU. 

Dan betapa terkejutnya saya saat itu ketika team lain yang tergabung dalam Youth Earth Comunity ternyata teman-teman dekat saya di FE-USU. Kami beramai-ramai pun melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor ditahun 2009 dan kemudian kami lanjutkan dengan Tour de toba di Tahun 2010 dengan menggunakan kapal mengelilingi danau Toba.

Aktivitas ini sangat menarik bagi kami dalam mengeksplorasi kecintaan kami kepada Danau Toba, Tanah asal nenek moyang kami. Situasi memang berubah ditahun 2011 saat mencari peruntungan dipulau borneo, kemudian ditempatkan diindragiri hulu Riau setelah 4 bulan di batulicin kalimantan selatan, yang akhirnya membuat saya tidak dapat aktiv kembali dikomunitas ini Sampai akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke Sumatera Utara.

Entah memang sebuah hobi atau memang jiwa petualang saya memang tinggi, selama diperantauan saya juga tetap melakukan aktivitas touring dengan beberapa rekan kerja saya disekitar Riau, dari jambi hingga Sumatera barat pun saya libas dengan sepeda motor.  

Bahkan  ketika  cuti saya juga pernah  mengajak beberapa junior saya untuk melakukan aktivitas kembali kedanau toba dengan menggunakan sepeda motor, Akan tetapi rasa yang diperoleh memang masih sangat kurang karena tiada interaksi langsung dengan masyarakat dan para pelaku kebudayaan yang sering kami lakukan saat bersama dengan komunitas bumi. 

Tahun 2021 sepertinya menjadi sebuah jawaban akan kerinduan saya untuk bisa pulang ke tanah asal nenek moyang saya. Pembina kami Miduk Hutabarat  menginisiasi beberapa mahasiswa untuk melakukan aktivitas TORS terakhir yang bertemakan Lingkungan. 

Setiap Kegiatan ToRS memang memiliki tema-tema tersendiri dari Api, Air, Tanah, Angin dan terakhir Lingkungan yang menggabungkan 4 elemen sebelumnya. 

Tors Kelima memang diberi tema Lingkungan dan menjadi  ToRS terakhir dari Youth Earth Comunity. Atau mungkin bisa saja adik-adik junior kami dapat melanjutkan kegiatan ini dimasa berikutnya.

Kerinduan untuk melakukan touring ini sebenarnya sudah lama saya ingin lakukan kembali, Begitu ajakan dari Bang Miduk muncul untuk melakukan touring kembali hati saya langsung bergebu-gebu. Bagaimana tidak, bagi saya melakukan perjalanan kedanau toba merupakan sebuah kerinduan yang cukup lama saya pendam. 

Isu-isu pengembangan kawasan danau toba yang sering tertulis dimedia masa membuat saya juga penasaran untuk mengetahui potensi-potensi wisata yang mungkin saja suatu saat akan dapat dikembangkan oleh pemerintah. ingin rasanya saya memiliki  catatan-catatan baru mengenai kawasan danau Toba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun