Mohon tunggu...
Andri Samudra Siahaan
Andri Samudra Siahaan Mohon Tunggu... Menulis salah satu metode perjuangan.

Petani dan Peternak, Alumni Teknologi Hasil Pertanian andrishn85@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Virus Mutasi Corona VS Mutasi Gaya Hidup

4 Januari 2021   21:42 Diperbarui: 4 Januari 2021   22:07 234 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Virus Mutasi Corona VS Mutasi Gaya Hidup
http://2.bp.blogspot.com/-URPr13QZ7DY/VUCGGXN_RgI/AAAAAAAAASE/AGyUUgA19To/s1600/Superman-Clark.jpg

Memasuki awal tahun 2021 Ancaman akan pandemi Covid 19 sepertinya belum berakhir karena munculnya virus mutasi varian baru yang lebih mudah menyebar. Sejak awal kemunculannya,  pandemi ini  telah menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi umat manusia  dan masih menjadi ancaman serius. Jutaan manusia telah menjadi korbannya dan banyak yang gugur oleh karena terinveksi virus ini.

Kerugian yang ditimbulkannya pun tidak hanya dalam hal  material, ekonomi maupun korban jiwa saja, karena virus ini juga berhasil menyerang psikologis umat manusia. Hampir setiap individu menghadapi ancaman ketakutan akan terinveksi virus ini. Hal yang paling mematikan adalah ketika virus ini tidak hanya berhasil memenjarakan kegiatan sosial umat manusia, akan tetapi juga turut memenjarakan pola pikir sebagian masyarakat Indonesia yang terkena dampak virus Covid 19.

Kini teror baru pun muncul dengan hadirnya varian baru covid 19 yang diberitakan lebih mudah menular  dan dikabarkan telah mulai menyebar keberbagai negara. Akan tetapi kabar baiknya adalah varian baru tersebut tampaknya tidak menyebabkan gejala yang lebih parah atau tingkat kematian yang lebih tinggi. 

Kita tentu harus memahami bahwa virus ini memiliki kemampuan mutasi yang sangat tinggi, Namun itu tidak akan menjadi ancaman serius jika kita mampu menyikapinya dengan baik. 

Jika virus terus bermutasi maka salah satu cara terbaik adalah dengan ikut bermutasi, dalam artian jangan terlarut dalam mindset kita bahwa virus ini adalah ancaman terbesar dalam hidup kita. Manusia adalah mahluk yang paling cepat beradaptasi dimuka bumi ini, oleh karena itu cara terbaik dalam menghadapi virus ini adalah dengan memutasi seluruh cara hidup  kita agar dapat survive dari ancaman virus corona

Jika virus corona bermutasi maka kita juga harus bermutasi dengan gaya hidup kita.

Tidak ada kata tidak, jika ingin bertahan hidup dan bebas melakukan aktivitas  seperti biasa maka kita juga harus merubah gaya hidup kita seperti anjuran pemerintah dengan mengikuti seluruh protokol kesehatan yang ada. Kunci utama dalam mencegah penyebaran virus ini adalah dengan tetap menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan menggunakan masker. Mematuhi protokol kesehatan adalah cara kita bermutasi dalam menghadapi virus corona yang terus bermutasi dan menebar ancaman baru.

Tutup segala peluang bagi virus ini untuk menyebar teror diantara kita. Membangun pikiran positif juga adalah salah satu upaya terbaik dalam mencegah penularan virus ini. Segala upaya untuk melindungi orang lain harus kita manfaatkan dan jangan disia-siakan.

Tes Swab Gratis KNPI SUMUT Dan GMKI Cab Medan
Tes Swab Gratis KNPI SUMUT Dan GMKI Cab Medan
Hal ini pulalah yang membuat saya antusias ketika teman-teman KNPI SUMUT  bekerjasama dengan adik-adik GMKI Cabang Medan mengadakan aksi donor darah dan tes Swab gratis dalam rangka merayakan Natal KNPI SUMUT.  Tujuan saya mengikuti kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui apakah saya terjangkit virus tersebut atau tidak, jika saya terjangkit maka saya harus melakukan isolasi mandiri dan menjauh dari seluruh sanak saudara ataupun teman-teman demi melindungi mereka.

Syukurnya dari tes tersebut saya memperoleh hasil negatif, dan saya  menyadari jika  upaya saya dalam mentaati protokol kesehatan berhasil, Dan menjadi bukti jika mengikuti protokol kesehatan membuat saya dapat survive walau dengan berbagai interaksi sosial  yang saya lakukan. 

Selanjutnya kita tentu juga harus dapat  bermutasi dengan  meningkatkan daya tahan tubuh, baik itu dengan mengkonsumsi makanan yang bergiji maupun melakukan aktivitas olah raga. Ingat, kebanyakan korban yang meninggal adalah orang-orang yang telah memiliki penyakit bawaan dan memiliki imunitas rendah. Cara terbaik untuk mencegah menjadi korban virus corona adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Hal-hal diatas sebenarnya adalah anjuran-anjuran yang telah diberikan oleh pemerintah kepada Kita, akan tetapi masih  banyak  orang yang sepele dan tidak mematuhi seluruh anjuran yang telah pemerintah berikan. Virus Corona terus bermutasi dan menimbulkan ancaman-ancaman baru, masikah kita tidak ingin bermutasi agar dapat survive?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x