Mohon tunggu...
Andri Samudra Siahaan
Andri Samudra Siahaan Mohon Tunggu... Seorang Peternak

Peternak kecil yang ingin menulis tentang hal-hal yang berkembang dimasyarakat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Donor Darah Bersama Perkumpulan Hakka Sumatera Utara Di Hari Pahlawan

10 November 2019   23:43 Diperbarui: 11 November 2019   00:36 0 3 1 Mohon Tunggu...
Donor Darah Bersama Perkumpulan Hakka Sumatera Utara Di Hari Pahlawan
Aksi Donor Darah Perkumpulan Hakka

Dari lantai 2 saya menatap sebuah panggung. Seperti biasa ada rasa penasaran dihati saya ketika melihat kumpulan orang yang berada di lantai dasar salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Medan ini. Ternyata Perkumpulan Hakka sumatera utara mengadakan aksi donor darah di Plaza Medan Fair.

Apasih Hakka? selama berorganisasi saya tidak pernah dengar ada organisasi Hakka. Hati saya bertanya ormas apa lagi  ini? ditambah ada keraguan  saya untuk mencoba melakukan donor darah karena kondisi fisik saya yang tidak vit dan sedikit takut jarum suntik.

Sudah lama memang  saya ingin mencoba melakukan donor darah. Saya memiliki utang darah kurang lebih 8 kantong  kepada PMI ketika alami  kecelakaan tahun 2007, Akan tetapi keraguan saya membuat saya cuma mengelilinginya dan langsung melangkah pulang.

Beberapa langkah saya hendak menuju sepeda motor saya tiba-tiba hujan deras turun.  Sepertinya Tuhan ingin agar saya bisa berbagi kasih kepada sesama melalui darah saya. Saya kembali masuk dan kelokasi donor darah. 

Tiga kali saya kelilingi lokasi  itu, antara ingin dan ragu melingkupi hati saya. Sampai seorang pria dari hakka menyetop saya dan menanyakan apakah ingin mencoba untuk donor darah? Dan saya jawab pingin sih ko. Saya diarahkan kestand pendaftaran dengan admin seorang pria dan sialnya saya dicuekin dan ditinggal pergi . hahahha.( Ada-ada aja, andai ada toa saya pasti dah teriak WOI AKU DICUEKIN!!!) Untungnya koko yang mengajak saya tanggap dan mengarahkan saya isi form pendaftaran.

Form Pendaftaran
Form Pendaftaran

Setelah mengisi form saya diarahkan ke salah satu petugas pemeriksa kesehatan. Betul saja kondisi fisik saya memang sangat buruk karena kelelahan akibat aktifitas yang sangat tinggi selama 1 minggu ini, Tapi saya bersikeras untuk bisa ikut donor, tiga kali saya ditensi sampai akhirnya diijinkan.

Setelah ditensi saya pun masuk ketahap berikutnya cheking Hemoglobin. Disini kekesalan saya saat pendaftaran terobati. Jumpa gadis manis bermata sipit yang jelaskan apa itu Hakka dengan detail dan ramah. Dari test darah yang dilakukannya saya baru tau golongan darah saya A+.

Chek HB
Chek HB

Setelah itu saya ambil kantung darah kemudian diantar ketempat pembaringan bagi para donor darah. Sekitar 15 menit saya berbaring saat darah saya diambil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2