Mohon tunggu...
Andri Setiawan
Andri Setiawan Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Art Teacher, Arrangger, Conten creator

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Kenapa Aku Gak Bisa Main Gitar?

30 November 2021   22:50 Diperbarui: 30 November 2021   23:09 1465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

kenapa aku gak bisa main gitar???

pertanyaan ini sering keluar dari orang yang sudah bersusah payah belajar alat musik gitar namun mereka merasa tetap tidak bisa. sebelum kita mengetahui penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, saya mau berbagi cerita pengalaman saya bagaimana saya bisa bermain gitar. 

awal saya bermain gitar itu pada kelas 2 SMP tepatnya pada tahun 2002, pada masa itu saya cuma senang mendengarkan lagu-lagu saja, terutama lagu sheila on 7, nah ternyata mungkin penyebab saya bisa bermain gitar adalah saya punya lingkungan yang tidak pernah jauh dari musik, karena pada saat itu teman-teman saya juga banyak yang senang dengan musik. 

Akhirnya saya penasaran dan mencoba untuk belajar, ya salah satu usaha saya untuk belajar adalah selalu datang ke rumah teman saya tersebut setiap hari, entah itu pulang sekolah ataupun sengaja minggat dari jam istirahat karena kebetulan rumah teman saya dekat sekali dengan sekolah. selain datang terus ke rumah teman saya tersebut, saya juga punya lingkungan pergaulan yang menunjang saya untuk bisa bermain gitar, yaitu lingkungan remaja masjid yang suka dengan musik.

jadi saya selalu bergabung dengan teman-teman saya tersebut, dan mencoba mendengarkan lagu-lagu barat yang mereka mainkan meskipun saya tidak mengerti, kebetulan lagu-lagu tersebut lagu yag cukup familiar seperti lagu sweet child o mine dari guns n roses, smells like teen spirit dari nirvana, dan lain-lain.

akhirnya semakin didengarkan semakin menarik jiwa saya untuk belajar gitar. namun pada saay itu saya belum punya gitar dan saya mencoba untuk menabung hingga dapatlah gitar pertama saya yang ada spullnya yang pasang oleh almarhum ayah saya.

setelah punya gitar dan bergaul sambil belahar dengan teman-teman saya, dan akhirnya tidak butuh waktu lama, mungkin hanya sekitar 1 minggu saya sudah bisa memainkan 1 lagu, yaitu lagu dari peterpan mimpi yang sempurna, saat itu saya sangat senang sekali, dan makin termotivasi untuk belajar gitar. dan kebetulan juga keluarga sangat mensupport saya untuk belajar gitar

jadi berdasarkan pengalaman saya tersebut penyebab seseorang tidak bisa bermain gitar adalah :

1. niat dan tekad untuk bisa masih rendah

2. cepat menyerah

3. tidak punya gitar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun