Mohon tunggu...
andri kusnadi
andri kusnadi Mohon Tunggu... Mengulas tentang audio mobil

Mengulas tentang penglaman saya bisnis audio mobil system.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Inilah 5 Tip's Memilih Subwoofer untuk Audio Mobil

20 November 2019   20:26 Diperbarui: 20 November 2019   20:29 0 0 0 Mohon Tunggu...


Subwoofer untuk Audio Mobil adalah perangkat audio yang menghadirkan suara bas. Hal ini menjadikan suara musik yang Anda dengar terasa lebih hidup. Ketika sedang melakukan perjalanan jauh pastinya anda akan merasa bosan apalagi jika terjebak kemacetan. Seringkali anda mengambil tindakan untuk mengurangi bosan dengan cara memainkan musik menggunakan audio mobil. Namun bagaimana jika suara yang dihasilkan tidak sesuai dengan selera. Oleh karena itu sebelum anda membeli subwoofer, sebaiknya ketahui dahulu tips memilih subwoofer untuk audio mobil.

Berikut Adalah Tip's Memilih Subwoofer Mobil

1. Perhatikan selera musik anda. salah satu tip's memilih subwoofer adalah memperhatikan selera musik yang anda sukai karena selera musik anda pasti mempunyai genre yang berbeda-beda. Genre musik yang berbeda tersebut akan mengarah pada frekuensi nada yang berbeda pula. Salah satu contoh adalah genre musik pop atau jazz yang memiliki dentuman yang tidak banyak serta tempo yang tetap atau konstan.

Maka dari itu jenis subwoofer yang cocok untuk genre musik ini adalah single voice coil. Apabila anda tidak menyukai musik yang terlalu memekakkan telinga maka genre ini cocok untuk anda karena suara yang dihasilkan yaitu low bass.

Sedangkan musik dengan genre hip-hop atau rock memiliki suara dentuman yang sangat keras, maka dari itu subwoofer yang cocok untuk genre musik ini adalah double coil. Mengapa subwoofer yang cocok adalah double coil? Karena subwoofer jenis ini dapat menghasilkan suara yang lebih menghentak.

2. Memperhatikan spesifikasi pada subwoofer
Tips ini seringkali dilupakan oleh orang yang ingin membeli subwoofer. Terkadang anda hanya memilih subwoofer yang dapat menghasilkan suara yang keras tanpa melihat spesifikasinya.  Anda perlu mengetahui bahwa subwoofer yang mampu menghasilkan nada rendah dan membahana tentunya harus memiliki daya yang besar serta harus memiliki tambahan peralatan yang mendukung.

Tentukan Jenis Subwoofer yang Anda beli 

Tips yang ketiga adalah menentukan jenis subwoofer  yang akan anda beli. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa subwoofer perlu disesuaikan dengan selera. Nah, untuk itu anda perlu menentukan subwoofer yang sesuai dengan selera anda seperti suara lembut tapi menggelegar atau suara tinggi namun menghentak. Penentuan ini juga dilakukan karena  yang beredar di pasaran memiliki kecepatan dan jenis yang berbeda-beda.

Ada beberapa jenis subwoofer yang perlu anda ketahui yaitu subwoofer dengan tipe sederhana yang dikhususkan untuk daya rendah kemudian subwoofer yang membahana dan memiliki daya tinggi namun memerlukan alat tambahan.

4. Ukuran subwoofer pas dan tidak memenuhi ruangan
Apabila anda ingin meletakkan sebuah subwoofer maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu ukuran sisa ruang pada bagian dalam mobil da Usahakan agar menempatkanya satu box dengan amplifier agar ruangan terlihat lebih efisien dan elegan. Hal ini juga akan memudahkan dalam proses intalasi.

Pilihlah jenis subwoofer yang sederhana karena kebanyakan orang-orang juga memilih jenis ini, memangnya mengapa harus memilih jenis ini? subwoofer dengan jenis yang sederhana dapat meminimalisir penggunaan ruang. 

Meskipun tidak besar pilihlah subwoofer dengan ukuran sederhana namun memiliki kualitas yang terbaik.
Nah, itulah beberapa tips memilih subwoofer audio mobil yang dapat anda jadikan referensi.  Pastikan anda mengikuti semua tips diatas untuk mendapatkan suara bass yang sesuai selera.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x